Teluk Kiluan Lampung, Surganya Wisata Lumba-Lumba

| | ,

Teluk Kiluan Lampung, Surganya Wisata Lumba-Lumba
5 (100%) 6 vote[s]

Teluk Kiluan Lampung – Teluk Kiluan merupakan objek wisata yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Sebagai salah satu tempat wisata di Tanggamus Lampung, teluk ini menawarkan keindahan pantai dengan kawanan lumba-lumba yang bisa dilihat dari tengah laut.

Tempatnya yang masih alami serta terjaga dari campur tangan manusia membuat berlibur disini akan membuat nyaman dan tentram karena jauh dari kota.

Selain banyak lumba-lumba liar, dikala tertentu dapat melihat pula ikan Paus. Selain itu banyak fasilitas lain yang mendukungnya, untuk itu berikut informasi dari Teluk Kiluan selengkapnya.

Lokasi Teluk Kiluan Lampung

Teluk ini terletak di Desa Kiluan Negeri, Kecamatan Kelumbayan, Kabupaten Tanggamus, Provinsi Lampung. Jika diakses dari Kota Bandar Lampung maka membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Adapun jaraknya adalah kira-kira 80 km.

Untuk rute perjalanan dari Bandar Lampung yaitu dari Pusat Kota, masuk pada jalan Morotai, kemudian ke Jalan Laksamana RE Martadinata selanjutnya masuk ke jalan raya Way Ratay. Dari Way Ratay dapat terus mengikuti jalan tersebut sampai tiba di jalan Pematang Awi, lalu Jalan Dirt Road dan akan tiba di Kiluan.

Alternatif kedua adalah melalui arah Padang Cermin terus saja hingga bertemu dengan persimpangan masuk Pangkalan TNI Angkatan Laut, silakan pilih jalur kiri menuju desa Punduh Pidada. Disana akan ditemui tulisan “Teluk Kiluan”, ikuti jalannya hingga masuk ke Pasar Bawang, ketika di persimpangan maka ambil ke kanan hingga persimpangan terakhir. Selanjutnya belok ke kiri dan akan terlihat dengan jelas Gapura Teluk Kiluan.

Baca  7 Tempat Wisata di Pringsewu Yang Kekinian dan Instagramable

Pesona Teluk Kiluan Lampung

Ketika sampai di Teluk Kiluan, maka akan melihat pemandangan pantai yang sangat biru kehijauan. Airnya juga jernih serta dangkal. Banyak pula terumbuh karang dan ikan hias yang bisa dilihat dengan jelas.

Kebersihan teluk ini juga dijaga oleh warga sekitar sehingga tidak akan ditemukan sampah berserakan. Pasir putih yang halus, dan banyaknya ikan yang melimpah merupakan sasaran untuk memancing para wisatawan.

Untuk melihat antraksi Lumba-Lumba maka dapat berlayar ke tengah laut. Namun harus diperhatikan bahwa waktu yang sangat baik untuk datang ke Teluk Kiluan dan bisa melihat lumba-lumba adalah pada bulan April sampai dengan September atau pada musim kemarau.

Harga Tiket Masuk Teluk Kiluan Lampung

Jenis TiketHarga
Tiket Per OrangRp. 5.000
Jukung/PerahuRp. 20.000
Melihat Lumba-Lumba per KapalRp. 250.000-Rp.450.000
Life Jacket per OrangRp. 15.000

Untuk menuju Teluk Kiluan maka akan dikenakan harga tiket masuk sebesar Rp. 5.000. Harga tersebut sama dengan tiket untuk ke Laguna. Namun jika ingin menyeberang ke Laguna maka ditambah dengan biaya perahu atau jukung sebesar Rp. 20.000.

Untuk melihat Lumba-Lumba dapat membayar perahu jukung sebesar Rp. 250.000-Rp. 450.000/kapal. Dan jika ingin memakai jaket life jacket dikenakan biaya Rp. 15.000/orang.

Penginapan di Teluk Kiluan Lampung

Disana juga sudah ada penginapan berupa rumah-rumah warga yang dapat disewa dengan biaya antara Rp. 200.000 – Rp. 300.000 untuk per kamar, sudah termasuk dengan makan 3x sehari serta tersedia toilet diluar.

Open Trip Teluk Kiluan

Untuk pengunjung yang pergi sendirian atau hanya berdua dengan pasangan, maka dapat mengikuti Open Trip Teluk Kiluan ataupun dapat bergabung dengan trip gabungan dengan pengunjung lain.

Baca  Pantai Pasir Putih Lampung,  Eksotis Karena Pasirnya

Trip ini dimulai dari Pelabuhan Merak, pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp. 599.000/orang, sedangkan jika dari Jakarta biaya sekitar Rp. 759.000/orang. Dengan biaya tersebut sudah mendapatkan fasilitas lengkap.

Fasilitas Teluk Kiluan Lampung

open trip teluk kiluan
via: http://www.wisatatelukkiluan.com

Walaupun di teluk ini tidak ada hotel ataupun sebuah resort, jangan khawatir karena ada penginapan berupa rumah panggung yang nyaman terletak di tepian teluk Kiluan serta ada di Teluk Kiluan.

Pengunjung juga dapat menginap di rumah warga sekitar atau mendirikan tenda yang bisa dibawa sendiri dari rumah. Dan yang perlu diperhatikan adalah harus membawa perlengkapan trip seperti pakaian, makanan, power bank karena disana tidak ada listrik.

Listrik hanya menggunakan genset yang hidup dari jam 6 sore hingga tengah malam. Sedangkan untuk mandi, toilet serta masjid sudah disediakan di tempat wisata ini.

Untuk pengunjung yang tidak membawa bekal dapat memesan makanan kepada warga sekitar dengan melakukan negosiasi soal harga dan menunya.

Itulah informasi tentang Teluk Kiluan yang ada di Tanggamus Lampung, selain itu terdapat pula Pulau Pahawang yang berada tidak jauh. Semoga dapat menambah wawasan dan selamat berlibur.

Previous

Pulau Pisang Lampung, Ke Elokan Pantai Yang Mempesona di Pesisir Barat

Using WP Show Posts

Next

Leave a Comment