dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Wisata Pulau Wayang Lampung, Raja Ampat Versi Mini

2 min read

wisata pulau wayang lampung

Wisata Pulau Wayang Lampung – Menikmati keindahan Laut Lampung tidak akan ada habisnya. Di provinsi yang terkenal dengan Kopi Lampung dan Pisangnya ini memiliki destinasi wisata yang tak kalah dengan tempat lain di Indonesia, salah satunya adalah Pulau Wayang.

Keindahan pantai ini dengan tebing batu yang menjulang tinggi seolah seperti sedang berada di Pantai Raja Ampat. Seperti apa tempat dan bagaimana cara menuju kesana? Berikut simak ulasannya untuk anda.

Lokasi Pulau Wayang Lampung

Pulau Wayang Lampung berada di Kabupaten Pesawaran. Bernama asli Pulau Kamintara dan sering juga disebut dengan Pulau Botak. Sedikit mirip dengan Pulau Wayaq di Raja Ampat sehingga pulau ini memiliki sebutan Pulau Wayang. Untuk menuju kesana anda terlebih dahulu harus menggunakan jasa penyeberangan perahu.

Untuk jalan dari Bandar Lampung menuju Dermaga Ketapang membutuhkan waktu sekitar 50 menit. Dari Dermaga anda dapat menyewa perahu yang dapat mengangkut hingga 10 orang.

Pulau ini tidak begitu jauh dari Pantai Klapa Rapat dan Wisata Tanjung Putus. Sehingga untuk menuju kesana anda pasti akan melewati dua tempat wisata itu.

Perjalanan dari dermaga sampai dengan Pulau Wayang membutuhkan waktu yang lumayan lama, antara 1 sampai 2 jam tergantung dari cuaca dan kondisi ombak air laut.

Ketika anda melakukan perjalanan kesana, maka akan melihat pemandangan laut sekitar yang indah. Jika sedang beruntung maka bisa melihat kawanan lumba-lumba yang sedang muncul di permukaan. Menjadikan liburan lebih seru.

Tiket Masuk atau Perjalanan Pulau Wayang

Jenis TiketHarga
Perahu (8-10 Orang)Rp. 1.000.000 – Rp. 1.500.000

Untuk melakukan perjalanan ke Pulau Wayang, maka anda akan dikenakan tarif sewa perahu dengan biaya Rp. 1.000.000 hingga Rp. 1.500.000. Setiap perahu yang disewa dapat ditumpangi oleh 8-10 orang. Sehingga akan terasa ringan jika biaya tersebut dibagi rata.

Fasilitas Pulau Wayang

Lelahnya perjalanan menuju pulau ini akan terbayar dengan pemandangan laut yang masih alami. Meskipun belum ada wahana air tetapi pulau ini memiliki keindahan yang luar biasa.

Keindahan tersebut dari bukit yang tinggi menjulang, air laut yang masih biru alami, bersih dan sangat indah ketika di foto. Lebih menyerupai dengan Wisata Raja Ampat.

Selama disana anda bisa melihat bebatuan tebing yang tinggi yang menjulang. Sangat instagramable, dapat diabadikan dengan kamera atau menggunakan drone.

Spot foto yang bagus-bagus sangat menggoda untuk tidak mengabadikannya. Meskipun disana jauh dari keramaian, itulah yang menjadikan Pulau Wayang ini tempat yang masih alami dan merupakan anugerah keindahan Sang Pencipta.

Anda bisa melakukan foto diatas perahu, berkeliling tebing atau berenang. Untuk fasilitas lainnya adalah dapat melakukan snorkeling atau diving. Keindahan ini tak kalah dengan Pulau Pahawang yang masih berada di Pesawaran juga.

Tempat Instagramable

pulau wayang pesawaran lampung
via: kelilinglampung.net

Pulau Wayang atau Pulau Kamintara merupakan pulau yang sangat unik serta indah untuk difoto. Dari beberapa sudut tertentu pulau ini terlihat cantik dan layak untuk dijadikan koleksi foto instagram.

Yang menjadikan wisatawan datang kesini terutama dari keunikan bentuk Pulau Wayang. Pulau ini sangat bagus dan fotogenik apalagi untuk anda yang membawa Drone. Bermain drone dari atas maka akan melihat keindahan berbeda pulau ini dari ketinggian.

Tips Menuju Pulau Wayang Lampung

Untuk menuju ke Pulau Wayang sangat mudah dan sering dilakukan orang adalah dengan melalui Dermaga Ketapang. Adapun tips sebelum mengunjungi pulau ini antara lain:

  • Sebaiknya berangkat sejak pagi hari agar tidak menemui ombak besar yang bisa membuat pusing.
  • Sebaiknya menyiapkan administrasi yang cukup. Seperti untuk menyewa kapal yang berkisar 1 juta hinga 1,5 juta.
  • Karena membutuhkan perjalanan yang lama yaitu sekitar 2 jam. Maka alangkah baiknya anda membawa perlengkapan seperti alat mandi, kebutuhan konsumsi, camilan, minuman dan pastikan smartphone anda di isi full baterai karena disana belum ada listrik dan fasilitas seperti orang jualan dan lain-lain.
  • Untuk yang ingin renang tentu jangan lupa membawa baju renang, sunblock dan perlengkapan snorkeling jika ingin menyelam di Pulau Wayang.
  • Pastikan kesehatan anda sangat baik karena perjalanan yang jauh membutuhkan energi dan kondisi badan yang fit.

Itulah informasi tentang Pulau Wayang di Lampung. Semoga bisa menambah referensi wisata anda. Selamat berlibur.

dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer