Usaha yang Cocok di Pedesaan

Usaha yang Cocok di Pedesaan – Bagi warga desa yang hidup di pedesaan berkembang seringkali merasa tidak percaya diri untuk berkeinginan menjadi pengusaha sukses. Padahal untuk menjadi pengusaha sukses itu tidak dipengaruhi oleh letak tempat tinggalnya. Bahkan banyak juga penduduk desa yang justru sukses berkat bisnisnya yang dirintis mulai dari nol.

Peluang Bisnis Terbaik di Pedesaan untuk Pemula

Sebenarnya ada banyak peluang bisnis terbuka lebar untuk semua orang tanpa memandang usia, tempat tinggal, dan juga backgroundnya. Semua orang bisa menjalankan bisnisnya sendiri tanpa harus memperhatikan banyak hal asal punya kemauan. Berikut adalah peluang bisnis yang cocok di pedesaan, antara lain:

  1. Jualan Pulsa HP, Token Listrik dll

Pertama, usaha jual pulsa. Ini adalah salah satu contoh peluang usaha terbaik dan paling murah, bahkan risikonya juga sangat kecil bila dijalankan di kawasan pedesaan. Bahkan dengan modal Rp50 ribu saja, maka semua orang sudah bisa menjalankan bisnis ini dari mana saja.

Anda tidak harus menyewa ruko untuk membuka bisnis ini. Karena berjualan pulsa bisa dilakukan dari rumah dengan menulis jual pulsa di depan rumah, maka semua orang akan tahu bahwa Anda sedang berjualan produk tersebut. Bila memiliki budget lebih, Anda bisa membuka konter kecil di rumah.

  1. Pangkas Rambut

Kedua, bisnis pangkas rambut juga sangat cocok dijalankan di pedesaan. Untuk menjalankan bisnis ini sangat sederhana. Semua orang bisa melakukannya karena tidak butuh keahlian khusus. Untuk mereka dengan budget lebih biasanya bisa bekerja sama dengan orang yang ahli dibidang ini, kemudian menerapkan sistem bagi hasil.

  1. Ternak Ayam Kampung

Ketiga, mengingat letaknya di pedesaan maka bisnis beternak ayam kampung juga merupakan solusi terbaik bagi mereka yang ingin membuka usaha di kawasan ini. Ternak ayam itu modalnya lebih terjangkau dan keuntungannya menjanjikan daripada berbisnis kambing atau sapi. Karena memang harga jual telurnya saja sudah mahal.

  1. Gorengan Gurih dengan Minyak Sehat

Ke-empat, bisnis lainnya yang murah tapi omsetnya menggiurkan adalah menjual aneka gorengan. Anda tidak perlu malu melakukannya mengingat bisnis ini bisa dijalankan dari rumah atau menitipkannya di beberapa warung. Supaya terlihat berbeda, ciptakan inovasi baru dari bentuk dan rasanya. Sehingga banyak pelanggan menyukainya.

  1. Minuman Dingin, Es Buah, Minuman Trend

Kelima, bisnis lain yang tidak kalah menguntungkan adalah minuman. Anda bisa mencoba berjualan aneka minuman meski tidak memiliki skill khusus. Misalnya saja dengan berjualan es jus buah. Hanya butuh blender, es batu, dan buahnya saja itu sudah lebih dari cukup untuk menjual produk tersebut.

Baca tentang 12 Tempat Nongkrong di Bandar Lampung

Bentuk Usaha yang Cocok di Desa Baru Berkembang

Kawasan pedesaan itu sebenarnya lebih menarik dijadikan sebagai tempat usaha karena suasananya sangat mendukung, tenang, dan agraris. Cocok sekali untuk mereka yang ingin menjalankan sebuah usaha berkembang seperti yang telah disebutkan di atas. Sayangnya banyak orang pedesaan justru merasa tidak percaya terhadap dirinya sendiri.

Beberapa dari mereka seringkali justru merantau di perkotaan untuk menjadi buruh atau mencari pekerjaan disana. Padahal sebenarnya ada banyak peluang usaha yang sangat terbuka lebar di desanya sendiri. Itulah sebabnya jangan pernah takut mencoba membuka bisnis di desa sendiri.

Dana yang digunakan untuk membuka usaha bisa disesuaikan dengan modal pribadi. Jadi bila masih bingung ingin menjalankan usaha seperti apa, maka berikut akan kami jelaskan tentang bentuk usaha terbaik yang bisa dicoba di daerah pedesaan di bawah ini:

Pertama, Anda bisa mencoba membuka usaha sesuai dengan keahlian dan keterampilan khusus. Misalnya saja bila dari awal Anda memiliki skill khusus, tidak ada salahnya bila hal tersebut dimanfaatkan dengan baik untuk membuka jasa atau bisnis tertentu sesuai bidangnya.

Selanjutnya modal lainnya adalah siapkan peralatan pendukungnya untuk menjalankan usaha tersebut. Misalnya saja bila dari awal Anda memiliki background sebagai pengajar, tidak ada salahnya mencoba kelas lembaga bimbingan sekolah di rumah. Karena bisnis ini nyaris tanpa modal dan hanya membutuhkan skill saja.

Kedua, usaha dari rumah juga terbuka lebar bagi mereka yang hidup di pedesaan. Caranya adalah dengan berjualan online. Salah satu contoh produk yang sedang hits dan bisa dicoba dijual adalah madu. Hanya bermodalkan internet dan smartphone, Anda bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan berjualan online.

Baca tentang 10 Busana Pernikahan Adat Lampung

Peluang Usaha Madu di Desa

Selain mencoba beberapa jenis usaha di atas, ada lagi alternatif lainnya untuk penduduk desa yang ingin mengembangkan bisnisnya. Dimana usaha yang akan dibahas kali ini terbilang sederhana akan tetapi sangat menguntungkan. Bahkan tidak harus memiliki banyak modal untuk menjalankan bisnisnya. Penasaran seperti apa contoh bisnisnya?

Apa lagi kalau bukan bisnis madu dari lebah klanceng? Seperti yang diketahui bahwa semua orang mengakui bahwa khasiat madu itu tidak bisa dipandang sebelah mata. Bahkan madu dikenal baik memiliki banyak khasiat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak heran bila keberadaannya dicari semua orang.

Namun tahukah Anda bahwa varian lebah itu ada banyak? Sehingga ada kriteria tertentu untuk masing-masing madu tersebut. Yang pasti berbisnis madu itu risikonya kecil karena nantinya bisa dikonsumsi pribadi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari juga produknya.

Salah satu contoh madu yang sedang hits adalah berasal dari lebah klanceng. Lebah ini dikenal sangat cepat menghasilkan banyak madu dan khasiat madunya melebihi dari produk sejenisnya. Madu yang dihasilkannya tersebut mempunyai peran terbaik untuk mengatasi masalah diabetes.

Karena di dalamnya terdapat kandungan gula fruktosa dan sangat mudah dicerna tubuh manusia. Itulah sebabnya madu dibutuhkan karena bisa memberikan banyak manfaat, aman, dan khasiatnya bisa langsung dirasakan oleh tubuh karena penyerapannya mudah. Jadi peluang usaha berbisnis madu itu sangat besar saat ini.

Anda bisa mencoba berbagai macam cara untuk membuat bisnis madu semakin berkembang. Misalnya saja dengan menjualnya secara online dan mempromosikannya di media sosial. Hal ini juga yang dilakukan oleh gudangmadusumatera. Namun tentunya semuanya itu harus dilakukan secara rutin supaya hasil penjualannya lebih maksimal seperti yang diharapkan.

close