10 Hadiah untuk Ulang Tahun Perkawinan Sangat Romantis

Hadiah untuk Ulang Tahun Perkawinan – Hari jadi atau yang lebih dikenal dengan istilah anniversary merupakan momen bersejarah yang patut dikenang.

Terlebih dalam hal pernikahan. Mempertahankan keromantisan dengan pasangan bisa Anda lakukan dengan merayakan anniversary ini. Tak perlu perayaan yang mewah dan mahal, Anda bisa memberikan hadiah ulang tahun perkawinan dengan cara unik sekaligus mengesankan.

Merayakan momen ulang tahun perkawinan dengan memberi hadiah tak harus menguras kantong. Alih-alih menghambur-hamburkan uang, sebaiknya alihkan untuk tabungan masa depan. Karenanya, ada baiknya Anda mengetahui beberapa alternatif hadiah berbudget ekomonis yang tak kalah romantis seperti di drama. Apa saja contohnya? Yuk simak beberapa daftar berikut ini.

Berikut Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun Perkawinan Romantis dan Ekonomis.

1. Makan malam romantis

Ide ini memang terkesan mainstream sekali karena kerap dirayakan oleh banyak pasangan. Namun percayalah, cara satu ini tak pernah gagal untuk mempererat ikatan Anda dan pasangan. Mengingat momen hari jadi dengan makan malam romantis di tempat yang fancy akan menghadirkan kesan baru pada hubungan. 

Jika tak mau ribet dan sayang budget, Anda bisa mengakalinya dengan candle light dinner di rumah saja. Semua yang serba Anda siapkan sendiri tentu akan lebih terasa effort-nya. Bisa juga dengan mengajak pasangan ke tempat memorable ketika masih pacaran dulu. Ya, manfaatkan momen ini untuk mengenang perjalan kisah kalian beberapa tahun ke belakang hingga sampai di titik ini.

Baca juga: 3 Cara Mengurus Buku Nikah Hilang Beserta Persyaratannya

2. Piknik

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu banyak kalangan. Jika memiliki waktu dan anggaran mencukupi, sesekali pergilah piknik ke tempat-tempat yang memang ingin kalian kunjungi. Langkah ini juga sekaligus untuk melepas penat dari segala beban rutinitas harian yang itu-itu saja. Dengan kembali mengeksplor tempat-tempat baru, hubungan pun akan makin lebih fresh dan berwarna.

3. Bunga

Kado romantis berupa bunga mungkin terdengar klasik di telinga. Tapi tak bisa dipungkiri bahwa trend ini tak pernah lekang oleh waktu. Jika biasanya bunga diperuntukkan bagi kaum hawa, Anda bisa mencoba untuk memberikannya pada suami. Jarang sekali kan laki-laki menerima buket bunga dari orang yang dikasihinya?

Tak hanya dalam bentuk buket saja, Anda bisa menyusunnya dengan cara yang berbeda. Dengan menanggalkan tangkai dan menempatkannya pada kotak berbentuk love, misalnya. 

4. Scrap Book

scrapbook hadiah ulang tahun pernikahan
scrapbook hadiah ulang tahun pernikahan. sumber: shutterfly.com

Setelah melewati waktu bersama pasangan yang cukup lama, tentu banyak momen yang diabadikan dalam bentuk foto atau barang kenangan lain. Anda bisa mengumpulkannya untuk mengenang kembali memori yang telah terlewati. Agar lebih berkesan, susunlah dalam mini album berbentuk scrap book dengan berbagai foto dan hiasan yang unik. 

Dilihat dari segi harga, Anda tak perlu mengeluarkan budget mahal untuk memberikan hadiah ini. Namun, perlu usaha ekstra untuk menyusunnya sendiri. Jika ingin lebih praktis, sebenarnya  ada banyak jasa yang memasarkan scrap book customized ini. Tapi tentu esensinya berbeda dengan suatu yang Anda siapkan sendiri.

5. Foto dengan tulisan tangan

Memajang foto bersama pasangan merupakan suatu hal yang wajar. Anda bisa menambah koleksi di momen anniversary dengan cara sederhana namun menyentuh hati. Pilihlah satu foto yang paling Anda sukai untuk dibingkai dalam frame polos. Bisa foto yang diambil ketika honeymoon, foto keseharian, atau malah foto momen pernikahan. 

Nah, untuk menampilkan sisi emosional yang berbeda, tambahkanlah tulisan di bagian kosong framenya. Biarkan tulisan Anda turut terbingkai. Ungkapkan rasa syukur dan perasaan Anda mengenai semua yang telah dan akan dilewati bersama. Cukup simple, namun memiliki arti yang dalam.

6. Jam tangan

hadiah jam tangan ulang tahun pernikahan
hadiah jam tangan ulang tahun pernikahan. sumber: freepik

Tentunya sudah banyak waktu yang Anda lewati dengan pasangan. Naik turunnya kehidupan pun telah dilalui bersama. Mengingat waktu yang selalu kalian lewati bersama, tak ada salahnya untuk memberinya hadiah ulang tahun perkawinan berupa jam. Dengan begitu, ketika menilik waktu ia akan selalu ingat bahwa Anda tengah membersamainya.

Agar tak monoton, beri sentuhan berbeda dengan menambahkan pesan pribadi. Sekedar tulisan ‘Forever is a long time. But, I wouldn’t mind to spend it with you’ bisa menjadi kata pengantar yang bagus untuk mencurahkan isi hatimu.

7. Kamera polaroid

Jika Anda suka hunting foto dan mengabadikan momen bersama, memberinya kamera polaroid adalah pilihan yang tepat. Dengan begitu Anda bisa langsung memotret dan mencetaknya di saat yang sama. Kamera ini juga akan terus memberi Anda dan pasangan momen-momen tak terlupakan untuk dijepret dan diabadikan.

8. Bantal karikatur

kado ulang tahun pernikahan bantal foto
kado ulang tahun pernikahan bantal foto. sumber: jualbantalfoto.id

Terkesan narsis memang, tapi tak ada salahnya mengapresiasi pasangan dengan mencetak karikaturnya pada bantal di rumah. Jika malu untuk memajangnya di ruang tamu atau ruang keluarga, Anda bisa meletakkannya di kamar saja. Di saat tertentu, Anda bisa membahas bantal gambar karikatur ini sebagai guyonan intern dengan pasangan. 

9. Buku diary

Kalau Anda gemar menulis, Anda bisa lho menuliskan kata-kata indah sebagai hadiah. Tapi, tentu menuliskan buku diary seperti ini memakan waktu yang lama, tak bisa sehari jadi. Alangkah lebih baiknya jika Anda rutin menuliskan apa-apa yang dilewati tiap harinya bersama pasangan dalam bentuk paragraf bermakna. Ia tentu akan tersentuh dengan perhatian Anda pada detail kecil ini.

10. Pop up card

Tak perlu yang ribet dan mewah, Anda bisa membuat pop up card di rumah untuk diberikan pada pasangan. Desainnya pun bisa Anda sesuaikan dengan keinginan. Hal ini juga bagus lho untuk mengasah kreativitas Anda. Tambahkan foto bersama pasangan sebagai model utama dalam pop up tersebut, dijamin ia akan senang menerimanya.

Selain beberapa hal di atas, masih banyak variasi hadiah ulang tahun perkawinan yang bisa Anda berikan ke pasangan. Yang terpenting dalam hal ini adalah menikmati momen quality time bersama. Semoga perkawinan Anda langgeng selalu.