Kopi Terbaik di Indonesia

8 Kopi Terbaik Indonesia Lebih Baik dari Luar Negeri

Kopi Terbaik Indonesia – Indonesia adalah satu negara yang menghasilkan banyak jenis kopi dengan cita rasa unik dan juga enak.

Apakah Anda sudah pernah merasakan kopi terbaik Indonesia? Jika Anda berkunjung ke daerah penghasil kopi, sempatkanlah untuk mencoba kopi khas Indonesia. Selain dikenal di dalam negeri, kopi-kopi tersebut juga sudah dikenal oleh penikmat kopi yang ada di dunia.

Setiap orang memiliki rasa kesukaan kopi masing-masing, namun tidak ada salahnya jika sesekali mencoba merakan kopi khas yang merupakan kopi terbaik Indonesia.

Membeli produk asli hasil negeri sama saja dengan membantu perekonomian masyarakat. Selain membantu perekonomian, tentu saja Anda jadi bisa mengetahui cita rasa masing-masing jenis kopi.

Kopi Terbaik Indonesia

Indonesia memiliki beberapa jenis kopi yang dihasilkan oleh daerah yang berbeda di seluruh Indonesia. Kopi yang dihasilkan memiliki cita rasa yang unik dan tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Tidak heran jika Anda bisa mendapatkan tidak hanya satu kopi terbaik, namun beberapa kopi terbaik Indonesia.

1. Kopi Aceh Gayo

Kopi gayo merupakan salah satu kopi dengan jenis arabika yang banyak ditemukan di Aceh, tepatnya di daratan tinggi, Kabupaten Aveh Tengah, Gayo Lues, dan Bener Meriah. Kopi gayo memiliki rasa dan aroma yang khas dan nikmat, kepahitan yang kuat, dan tingkat keasaman yang cenderung rendah. Saat ini, kopi hayo telah diekspor sampai ke Eropa dan Amerika. 

Kopi gayo merupakan salah komoditi yang menghasilkan pemasukan bagi Indonesia. Kesempurnaan aroma dan rasa kopi gaya membuat kopi ini menjadi salah satu kopi termahal dan terbaik yang ada di dunia. Kopi gayo terkenal dengan rasa dan aroma yang kompleks serta memiliki kekentalan kopi yang kuat.

Baca: 8 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

2. Kopi Papua Wamena

Salah satu jenis kopi terbaik yang ada di Indonesia adalah kopi Papua Wamena. Kopi ini memilki aroma floral dan cokelat dan rasa yang unik ketika di minum, serta rasa asam yang sedang.

Kopi Papua merupakan jenis arabika yang ditanam di Lembah Bailiem yang termasuk ke dalam Pegunungan Jayawijaya pada ketinggian 2000 mdpl. Salah satu daerah yang didominasi oleh petani kopi adalah Kampung Tagulik di Kabupaten Jayawijaya. Di sana, kopi masih dibudidayakan dengan cara tradisional. Kopi yang dihasilkan adalah kopi yang tumbuh tanpa pestisida dan pupuk kimia.

3. Kopi Kintamani Bali

kopi kintamani kopi terbaik di indonesia

Kopi Kintamani asal Bali ini adalah salah satu kopi Indonesia yang sudah terkenal sampai ke Jepang, beberapa negara Arab, dan kawasan Eropa. Tujuan ekspor dari kopi ini adalah ketiga negara tersebut, tidak heran banyak yang menyukai kopi Kintamani. Kopi Kintamani ini juga dikenal dengan sebutan nama origin coffee.

Kopi Kintamani memiliki rasa yang khas dan unik, rasanya pahit dengan cita rasa jeruk. Rasa jeruk di dalam kopi di hasilkan karena perkebunan kopi di sana berdekatan dengan kebun jeruk, sehingga terdapat after taste yang segar dihasilkan oleh kopi Kintamani.

4. Kopi Toraja

Kopi Toraja merupakan kopi yang berasal dari Sulawesi Selatan. Tidak hanya terkenal di Indonesia, kopi Toraja juga sudah terkenal sampai ke Amerika dan Jepang. 

Kopi Toraja termasuk kedalam kopi terbaik Indonesia yang memiliki dua varian, yaitu robusta dan arabika. Kedua jenis kopi tersebut memiliki sentuhan rasa kapulaga dan kayu manis.

Perbedaan dari kedua jenis kopi tersebut adalah kafein yang dihasilkan oleh masing-masing kopi. Kedua jenis tersebut juga memiliki tingkat keasaman yang cenderung tinggi dengan cita rasa unsur tanah.

5. Kopi Luwak

Kopi ini adalah salah satu kopi hasil Nusantara yang sangat unik, tidak heran termasuk ke dalam kopi terbaik Indonesia. Produksi kopi yang bisa dibilang sangat terbatas, membuat kopi luwak menjadi langka dan dijual dengan harga yang tinggi. Kopi luwak ini dihasilkan dari ke-tidak sengajaan orang pada zaman dahulu. 

Hasil seduhan kopi luwak memiliki cita rasa yang sangat tinggi dan merupakan produk asli Indonesia.

6. Kopi Flores

Flores adalah salah satu daerah bagian yang ada di Indonesia dengan pemandangan yang luar biasa indah. Selain pemandangan yang indah, ternyata Flores juga memiliki hasil kopi yang ditanam di Dataran Gada, Nusa Tenggara Timur.

Daerah Flores menjadi salah satu daerah yang menghasilkan kopi terbaik Indonesia yang sudah dikenal oleh masyarakat dunia.

Kopi di Flores bisa tumbuh dengan baik dari bantuan abu vulkanik yang dihasilkan oleh gunung berapi. Kopi Fores merupakan jenis arabika yang memiliki aroma buah serta tambahan tembakau.

7. Kopi Temanggung

Kopi Temanggung adalah jenis robusta yang memiliki rasa pahit yang dominan dan aroma tembakau di dalamnya. Kopi Temanggung juga bahkan sudah di ekspor sampai ke negara-negara di Timur Tengah, Amerika Latin, dan Eropa.

8. Kopi Java Ijen Raung

Kopi ini adalah salah satu jenis kopi khas dari Bondowoso. Kopi java Ijen Raung pertama kali di ekspor tahun 2011 dan semakin terkenal. Kopi Java Ijen Raung memiliki ciri khas sensasi rasa pedas ketika diminum dan tambahan floral yaitu bunga hutan. Kopi ini memiliki tingkat keasaman sedang, dengan rasa cenderung asam jawa dibandingkan citrus.

Masih terdapat beberapa kopi terbaik Indonesia yang bisa Anda peroleh dan rasakan kenikmatannya. Setiap kopi tersebut memiliki aroma dan rasa yang unik dan berbeda.

Jika masyarakat dunia saja mengakui cita rasa yang dihasilkan oleh kopi Indonesia, sebagai pencinta kopi tentu saja tidak ada ruginya mencoba berbagai jenis kopi terbaik yang memiliki cita rasa yang khas untuk membuktikannya.