8 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan (Dengan Penyajian Yang Benar)

Manfaat kopi – Kopi adalah salah sau minuman yang memiliki rasa khas dan enak, ternyata mengonsumsi secara teratur memiliki manfaat bagi tubuh.

Terdapat banyak manfaat kopi untuk kesehatan yang bisa dirasakan oleh Anda penikmat kopi. Namun, tentu saja untuk merasakan kebaikannya lebih baik Anda mengonsumsi kopi murni tanpa terlalu banyak bahan tambahan.

Mungkin sebelumnya Anda belum mengetahui apa saja manfaat yang didapatkan dari meminum kopi bagi manfaat.

Manfaat kopi untuk kesehatan mulai dari mengurangi stres, meredakan sakit kepala, mencegah beberapa penyakit, hingga membantu menurunkan berat badan. Kopi adalah salah satu minuman yang memiliki banyak khasiat jika dikonsumsi secara tepat oleh para penikmatnya.

1. Mengurangi depresi dan stres

manfaat kopi untuk menurunkan depresi

Jika Anda sedang merasa pusing dengan banyak tugas, meminum kopi bisa mengurangi dan mengobati perasaan stres dari banyak hal.

Anda bisa berhenti sejenak dari berbagai tugas yang sedang dikerjakan, buat secangkir kopi kesukaan Anda, seketika Anda akan merasakan ketenangan dan rileks, setelah itu Anda bisa melanjutkan pekerjaan lagi dengan perasaan yang lebih baik.

Baca: 4 Varian dalam Cara Membuat Masker Kopi

2. Membantu menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang menjalani program diet untuk tubuh yang lebih sehat? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir dan menghilangkan kopi dari minuman sehari-hari Anda.

Meminum kopi dengan takaran yang pas secara rutin bisa membantu dalam menurunkan berat badan. Kopi mengandung senyawa klorogenat dan kafein yang dapat membantu proses penurunan berat badan.

Tentu saja, kopi yang diminum adalah kopi yang murni tanpa pemanis yang berlebihan. Anda juga perlu mengimbanginya dengan olahraga dan mengatur pola makan yang lebih sehat.

3. Membuat metabolisme tubuh meningkat

Kopi yang diminum dalam takaran yang pas secara teratur dapat memiliki manfaat yaitu meningkatkan metabolisme dalam tubuh.

Ketika metabolisme dalam tubuh menjadi lebih cepat, maka lemak berlebih yang terdapat dalam tubuh bisa hilang lebih cepat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki proses metabolisme tubuh yang lebih cepat, kopi bisa menjadi salah satu solusinya.

Baca: Manfaat Kopi Untuk Wajah

4. Memperbaiki mood dan meningkatkan fungsi otak

Kandungan kafein yang terdapat di dalam kopi memiliki manfaat untuk kesehatan yaitu membantu otak bekerja lebih baik lagi.

Setelah minum kopi, Anda bisa menjadi lebih fokus, memproses berbagai hal secara cepat, dan mengingat dengan tepat. Seketika rasa kantuk akan hilang dan membuat kinerja otak lebih cepat setelah mengonsumsi kopi yang mengandung kafein.

Kafein dalam kopi memiliki sifat stimulan, walaupun begitu zat tersebut tidak memiliki dampak yang berbahaya bagi tubuh dan tidak akan mengakibatkan halusinasi.

Kafein berbeda dengan kokain atau zat lainnya yang akan memberikan dampak buruk untuk otak Anda. Kafein yang dikonsumsi dalam jumlah wajar bisa membuat mood dan kinerja otak Anda menjadi lebih baik.

5. Mencegah penyakit Alzheimer dan Parkinson

Mengonsumsi kopi hitam dengan teratur dapat membantu dalam hal mengurangi risiko penyakit alzheimer dan parkinson. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat mengobati kedua penyakit tersebut. 

Seseorang yang bertambah tua memiliki daya ingat yang semakin menurun. Kopi memiliki khasiat untuk meningkatkan kemampuan daya ingat, sehingga Anda tidak akan menjadi mudah lupa.

Terdapat sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa seseorang yang rutin mengonsumsi kopi memiliki 40% risiko lebih kecil terkena parkinson dan 65% lebih kecil terkena alzheimer.

6. Meredakan sakit kepala sementara

manfaat kopi meredakan sakit kepala

Pernahkah Anda merasakan sakit kepala ketika Anda sedang melakukan sebuah pekerjaan? Tentu saja, hal tersebut akan sangat mengganggu pekerjaan Anda sehingga menjadi terhambat.

Jika hal tersebut terjadi pada Anda, Anda bisa mencoba meminum kopi hitam secukupnya. Kafein yang terdapat di dalam kopi bisa membantu mengurangi sakit kepala.

Ketika sakit kepala menyerang seseorang, pembuluh darah akan membengkak dan membuat aliran darah menjadi tidak lancar, kafein di dalam kopi bisa membantu untuk melebarkan aliran darah, sehingga rasa sakit kepala yang menyerang secara tiba-tiba bisa berkurang.

7. Mengurangi risiko diabetes

Seseorang yang secara rutin mengonsumsi kopi hitam memiliki risiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe II. Diabetes tipe II merupakan sebuah penyakit degeneratif yang diakibatkan dari faktor genetik dan kombinasi gaya hidup yang kurang sehat.

Konsumsi kopi secara rutin memang akan membantu mengurangi risiko diabetes tipe II, namun Anda juga harus memerhatikan penggunaan gula pada kopi.

Pada dasarnya kopi memiliki rasa pahit yang alami, sehingga beberapa orang akan menambahkan gula untuk membuat rasanya lebih manis. Tetapi, terlalu banyak gula dapat membuat kadar gula dalam darah menjadi tidak seimbang.

8. Menambah energi dan stimulus pada saraf

Kandungan kafein dalam kopi akan membuat tubuh memproduksi hormon adrenalin dan ephinephrin dalam darah yang kemudian akan memberikan stimulus pada saraf.

Kafein bisa meningkatkan proses metabolisme hingga 3% sampai 11% lebih baik.

Proses perubahan kafein menjadi hormon akan memakan energi yang terdapat dalam lemak darah. Oleh karena itu, badan akan terasa lebih bersemangat dan berenergi setelah mengonsumsi kopi.

Manfaat kopi untuk kesehatan tubuh dan saraf sangat banyak, bagi Anda yang akan berolahraga disarankan untuk meminum kopi yang mengandung kafein tanpa menambahkan gula ke dalamnya.

Terdapat lebih banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari mengonsumsi kopi dengan takaran yang sesuai secara teratur.

Hal penting yang harus Anda ingat adalah sebaiknya Anda mengonsumsi kopi murni tanpa menambahkan bahan-bahan yang dapat mengurangi manfaatnya, seperti terlalu banyak gula. Maka dengan begitu, Anda akan merasakan manfaat kopi untuk kesehatan Anda secara nyata.

close