Manfaat Kopi Untuk Wajah

6 Manfaat Kopi Untuk Wajah dan Cara Pemakaiannya

Saat diminum secara langsung, kopi memberikan manfaat bagi tubuh secara langsung. Walaupun begitu, terdapat juga manfaat kopi untuk wajah yang bisa didapatkan dari hasil meminum kopi atau membuat masker dengan bahan dasar kopi.

Selain masker kopi, terdapat beberapa produk kecantikan lainnya yang menggunakan kopi sebagai bahan utamanya.

Pemilihan kopi sebagai bahan pembuatan produk kecantikan tentu saja karena manfaat kopi untuk wajah. Kopi memiliki banyak sekali manfaat untuk kecantikan wajah dan juga badan Anda.

Anda bisa mencoba membeli produk yang mengandung kopi untuk merasakan khasiatnya atau Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan yang terdapat di dapur.

Manfaat Kopi Untuk Wajah

Banyak orang yang mengawali harinya dengan secangkir kopi, jika Anda juga tertarik menggunakan kopi sebagai bahan perawatan wajah Anda, Anda bisa menambahkan perawatan dengan kopi sebagai perawatan rutin mingguan yang dilakukan.

Perawatan rutin akan menghasilkan manfaat kopi untuk wajah yang bisa memberikan hasil maksimal untuk kulit wajah Anda.

1. Membantu mengurangi komedo

Komedo sering sekali menjadi sebuah masalah kulit wajah yang menyebalkan. Beberapa orang sulit menemukan produk yang cocok untuk mengatasi malah komedo. Jika Anda memiliki masalah komedo pada wajah, Anda bisa mencoba menggunakan bahan alami yaitu kopi. 

Kopi memiliki kandungan kafein yang ada di dalam kopi dapat mengurangi ukuran sel lemak yang merupakan penyebab munculnya komedo di bagian wajah Anda.

Caranya yaitu dengan membuat masker kopi yang dibuat dari bubuk kopi ditambah sedikit air. Selanjutnya, oleskan ke bagian yang berkomedo dan gosok dengan lembut. Kegiatan ini perlu dilakukan secara rutin, setidaknya seminggu dua kali untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Baca: 8 Manfaat Kopi Untuk Kesehatan (Dengan Penyajian Yang Benar)

2. Mengatasi masalah jerawat

Apakah Anda pernah berpikir bahwa ternyata kopi juga dapat digunakan sebagai bahan untuk mengatasi masalah jerawat di wajah? Kopi bekerja sebagai diuretik, di mana kopi berguna untuk melancarkan sirkulasi pembuluh darah yang berada dalam kulit Anda. 

Kopi juga memiliki kandungan yang bernama polifenol dan flavanoid yang berfungsi sebagai anti-oksidan untuk membantu mengatasi permasalahan kulit wajah, termasuk jerawat.

Kandungan kafein pada kopi juga bisa membantu kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat yang sedang meradang.

3. Menyamarkan noda dan flek hitam

manfaat kopi untuk wajah menghilangkan flek hitam

Bagi seseorang yang sering menghabiskan waktu di luar ruangan dan terpapar sinar matahari, kulit wajah bisa menjadi lebih kusam dan terdapat bintik hitam di beberapa bagian wajah.

Jika hal tersebut terjadi, manfaat kopi untuk wajah selanjutnya yaitu sebagai bahan pembuatan masker di rumah. Campurkan bubuk kopi dengan beberapa tetes minyak zaitun dan oleskan ke wajah Anda.

Anti-oksidan yang terdapat d dalam kopi sangat bermanfaat dalam menangkal efek negatif dari radikal bebas.

Perawatan yang dilakukan secara rutin, minimal satu kali dalam satu minggu bisa membuat kulit wajah Anda lebih cerah daripada sebelumnya. Bekas jerawat dan noda hitam akibat sinar matahari perlahan akan menghilang, jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setelah itu.

Baca: Jenis-Jenis Kopi

4. Mengangkat sel kulit mati

Kulit wajah dan tubuh secara alami bisa melakukan regenerasi. Pada proses regenerasi, sel kulit yang sudah tua yang sudah mati akan menumpuk pada bagian epidermis terluar.

Apabila lapisan kulit tersebut tidak dibersihkan, maka sel kulit mati bisa membuat kulit menjadi berjerawat dan tampak kusam.

Hal tersebut membuat Anda harus membersihkan muka secara benar dan rajin, serta jangan lupakan untuk mengeksofoliasi kulit setidaknya satu minggu sekali.

Anda bisa membuat masker kopi untuk mengeksofoliasi kulit, campurkan bubuk kopi dan beberapa tetes minyak zaitun. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan madu atau lidah buaya.

Campuran antara kopi dan minyak zaitun bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

Scrub alami dari kopi dapat berguna untuk mencegah penuaan dini dan memberikan perlindungan pada kulit secara keseluruhan. Scrub wajah secara rutin sangan membantu dalam mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih cerah dan lembut.

5. Memperbaiki kerusakan pada kulit

Semakin bertambahnya usia, tanda-tanda kerusakan dan penuaan pada kulit akan semakin terlihat. Kopi memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi dan dapat berguna untuk mengatasi masalah kerusakan pada kulit wajah akibat sinar ultraviolet dan tanda-tanda penuaan yang mulai terlihat.

Rutin melakukan perawatan menggunakan kopi  membantu kulit Anda merevitalisasi dan mengatasi kulit lelah agar terlihat lebih segar dan cerah.

6. Menghilangkan lingkaran hitam pada mata dan mengencangkan kulit

menyamarkan mata panda dengan manfaat kopi

Keriput, lingkaran hitam pada mata, atau bekas jerawat dapat membuat kulit Anda terlihat tidak segar. Kebiasaan hidup, bertambahnya usia, dan tingkat stres seseorang bisa memengaruhi masalah-masalah yang terjadi pada kulit wajah. 

Kopi adalah salah satu bahan alami yang memiliki manfaat kopi untuk wajah yang menakjubkan berupa kafein dan kandungan asam yang bisa membantu menghaluskan kulit, menyamarkan noda pada wajah, serta mengencangkan kulit.

Beberapa produk juga menggunakan kafein dalam pembuatan produk kecantikan, misalnya krim wajah dan kulit. Sifat diuretik dalam kafein bisa membantu dalam hal pembuangan racun dan kadar air yang berlebih pada kulit. Kulit Anda akan menjadi lebih halus dan kencang dengan bantuan dari kopi.

Kop memili banyak sekali kegunaan bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat kopi untuk wajah tidak hanya untuk beberapa hal tersebut, masih banyak manfaat yang bisa dihasilkan oleh kopi.

Gunakanlah kopi sebagai bahan perawatan wajah secara rutin, Anda akan melihat hasilnya secara bertahap. Untuk mempercepat hasilnya, Anda bisa menggunakan beberapa produk untuk wajah Anda.