lokasi pulau permata

11 Tema Pernikahan Terbaru Paling Hits Tahun Ini

Tema Pernikahan Terbaru – Trend dan tema pernikahan senantiasa berubah tiap tahun, layaknya trend fashion dan make up yang terus berganti. Menginjak pertengahan tahun 2020 ini, tema dan konsep pernikahan juga terus bergeser.

Agar tak ketinggalan jaman dan tetap up to date, kenali beberapa tema pernikahan terbaru yang banyak digandrungi di tahun ini.

Pernikahan merupakan momen sakral sekali seumur hidup yang kerap kali dirayakan dengan meriah.

Jika dulu momen resepsi pernikahan identik dengan pesta meriah super mewah, kini konsep tersebut mulai bergeser sedikit demi sedikit.

Milenial masa kini lebih menyukai perayaan minim budget dengan hanya mengundang beberapa kerabat terdekat untuk acara yang lebih intim.

Walau begitu, tak berarti konsep glamor dan mewah ditinggalkan begitu saja. Masih cukup banyak kalangan yang senang menyelenggarakan pernikahan dengan cara seperti ini.

Tak masalah menggelontorkan uang ratusan juta bahkan milyaran, toh ini merupakan momen tak terlupakan.

Tema Pernikahan Terbaru yang Cakep Banget

Secara umum, tema pernikahan terbaru di tahun ini mengusung beberapa konsep seperti berikut.

1. Minimalis

tema pernikahan minimalis

Sepertinya gaya minimalis masih akan terus mendominasi hingga akhir tahun ini. Kesan simple nan elegan sangat cocok dengan spirit kaum muda yang tengah menggelar pesta pernikahan.

Selain itu, segala yang minimalis selalu berhasil menampakkan look yang modern dan chic. Dengan dekorasi yang minim dan menonjolkan fungsionalitasnya, Anda bisa meminimalisir budget untuk dekorasi yang tak perlu.

Baca juga: 10 Busana Pernikahan Adat Lampung Yang Cakep Banget

2. Modern Heritage

tema pernikahan modern heritage

Tema pernikahan satu ini terinspirasi dari banyaknya ragam budaya Indonesia. Dengan menyatukan konsep tradisional lokal dalam kemasan modern, Anda akan mendapati aura pernikahan yang berbeda dari tempat lainnya.

Manfaatkan dekorasi dari alam sekitar, seperti rerumputan, daun, dan bunga-bungaan. Akan lebih apik jika dipadukan bersamaan dengan anyaman rotan untuk aksesori interior.

Jangan sampai ada detail yan terlewatkan. Soal busana yang dikenakan, pilihlah gaun pengantin yang ada unsur etnik di dalamnya. Tak perlu yang wah, pilih potongan sederhana yang membuat Anda nyaman memakainya.

3. Rustic

tema pernikahan terbaru rustic

Sebenarnya pernikahan bergaya rustic telah mulai booming sejak awal 2010 lalu di luar negeri. Namun di Indonesia sendiri, rustic baru mulai digemari sejak beberapa tahun lalu dan terus bertahan sampai sekarang.

Kebanyakan tema rustic mengusung konsep outdoor. Dekorasinya menonjolkan pada penggunaan kayu dalam tone warna natural yang earthy sekaligus fresh.

4. Vintage

tema pernikahan terbaru vintage

Dalam hal apapun, konsep vintage selalu memiliki peminat tersendiri dan tak pernah mati. Tema ini bisa menghadirkan kesan klasik yang kental, namun tetap elegan. Tema vintage dalam pernikahan tak bisa lepas dari penggunaan material lace ataupun renda dalam beberapa sentuhannya.

Kesan vintage nan oldies umumnya tampak dari pemilihan warna pastel seperti putih gading, slate grey, ataupun rose gold.

Baca juga:10 Hadiah untuk Ulang Tahun Perkawinan Sangat Romantis

5. Tropical

tema pernikahan terbaru tropical

Pernikahan dengan tema tropical telah mulai booming sejak tahun lalu. Tema ini tak hanya cocok diaplikasikan dengan pesta yang digelar di pantai.

Anda bahkan bisa menyewa lapangan atau taman bermain untuk mendapakan konsep ini. Caranya dengan menambahkan berbagai dekorasi beraksen tropis, seperti pohon kelapa serta hiasan dari dedaunan yang kental akan tema tropis.

6. Eco-friendly

eco friendly tema pernikahan

Isu lingkungan yang makin sering digalakkan membuat banyak orang mulai sadar untuk berpartisipasi aktif dalam menangani masalah ini.

Salah satu caranya dengan memilih semua yang berbau eco-friendly. Tak terkecuali soal masalah pernikahan. Anda bisa mewujudkannya dengan cara yang mudah dan hemat dengan memanfaatkan berbagai elemen yang didaur ulang.

Mulai dari undangan dari kertas yang didaur ulang, souvenir bibit tanaman, dan sebagainya. Dalam eksekusi nyata, biasanya konsep ini didominasi warna putih, beige, kecokelatan, abu-abu, atau hitam.

7. Coral Crush

tema wedding terbaru coral crush

Sepertinya konsep coral belum akan benar-benar berakhir di tahun ini. Sempat dinobatkan menjadi Pantone Color of The Year pada 2019 lalu, konsep ini sepertinya masih akan banyak digandrungi beberapa kalangan.

Terlebih bagi calon mempelai yang memiliki sisi ekspresif romantis.

Dalam urusan dekorasi, coral crush mengedepankan corak monokrom yang dipadukan dengan cipratan warna karang-karangan.

Selain itu, material yang digunakan kerap kali menggunakan elemen dengan tekstur penuh yang menonjolkan kesan modern semi-kontemporer.

8. Picnic Travelling

picnic travelingm tema wedding

Menilik pada trend saat ini, nampaknya picnic travelling akan cukup booming di tahun 2020. Tak bisa dipungkiri bahwa kini memang makin banyak pasangan yang memilih menyelenggarakan pernikahannya di luar ruangan.

Apalagi dengan gaya santai sambil lesehan yang makin mendekatkan keintiman dengan undangan yang datang. Sensasi kondangan sekaligus piknik tentu sangat menyenangkan dan unik.

9. Bohemian

tema wedding terbaru bohemian

Di akhir 2019 lalu, tema pernikahan banyak melibatkan dekorasi berupa pohon palm kering. Sepertinya tema ini masih akan cukup diminati di tahun ini. Gaya Bohemian tak banyak bermain dengan warna ngejreng.

Ketimbang bunga warna-warni, tema ini cenderung menggunakan tanaman dan dedaunan kering. Untuk unsur greeny, tambahkan dedaunan dan tetumbuhan hijau.

10. Tradisional adat

tema wedding terbaru tradisional adat

Dekorasi dan tema pernikahan dengan nuansa adat memang tak akan pernah lekang oleh waktu. Tema ini memiliki gaya yang berbeda antara satu sama lain. Tergantung pada adat istiadat masing-masing. Konsep tradisional adat ini mengedepankan kesakralan dalam prosesnya.

11. Cherry Blossom

tema pernikahan cherry blossom

Untuk perayaan yang mewah dan tampak feminim, Anda bisa mengusung gaya cherry blossom. Tema ini menonjolkan dekorasinya pada penggunaan sakura di tiap sisi ruangan.

Warna sakura juga cukup mendominasi, membaur dengan sentuhan pink, putih, juga beige. Cocok untuk Anda yang suka kemeriahan.

Memang apapun tema untuk pernikahan haruslah disesuaikan dengan konsep yang Anda inginkan. Namun, tak ada salahnya untuk terus up to date dan mengikuti tema pernikahan terbaru agar tak ketinggalan jaman.