infolpg Temukan informasi seputar Lampung. Inspirasi Wisata, Bisnis, Kesehatan & Kuliner di http://infolpg.com.

7 Tips Membeli Mobil Bekas

2 min read

Tips Membeli Mobil Bekas

Membeli mobil bekas bisa menjadi salah satu alternatif pilihan yang tepat ketika menginginkan memiliki mobil namun dengan budget yang terbatas. Namun sebelum mencari mobil bekas, sebaiknya Anda mengetahui tips membeli mobil bekas yang baik dan berkualitas.

Tips Membeli Mobil Bekas

Saat ini banyak sekali showroom mobil atau event-event otomotif yang menggelar dagangan berupa mobil bekas. Banyak sekali pilihan mobil yang bisa Anda dapatkan disini, dan tentunya akan terjadi tawar menawar harga.

Selain tampilan luar dari mobil, Anda juga perlu memperhatikan bagian dalam mobil khususnya tentang mesin. Berikut ini adalah beberapa tips membeli mobil bekas yang berkualitas dan aman.

1. Cari yang Memiliki Catatan Service Lengkap

cara mencari mobil bekas yang baik

Tips membeli mobil bekas pertama adalah Anda dapat melihat catatan service mobil tersebut. Anda bisa melihat catatan service rutin, bengkel yang digunakan, dan catatan yang ada.

Kegunaan service record ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan Anda karena akan menentukan apakah mobil dirawat dengan baik atau tidak. Apabila pemiliknya baik maka catatan service akan teratur.

Apabila mobil tersebut memiliki catatan service yang baik tentunya mobil akan memiliki performa yang baik juga. Selain itu catatan service akan mencerminkan pribadi pemilik mobil sebelumnya yang mampu merawat dan menjaga kondisi mobil.

Apabila ada pilihan beberapa mobil, pilihlah mobil yang di service di bengkel resmi sehingga keaslian odometernya terjamin.

2. Periksa Interior dan Aksesoris Mobil

memilih mobil bekas

Kondisi pertama yang dapat Anda periksa adalah bagian interior mobil. Cek kondisi komponen yang ada seperti AC, switch lampu, sistim audio, dan beberapa komponen lainnya.

Pastikan semua komponen tersebut dapat berfungsi dengan baik, termasuk keamanan didalamnya seperti ketersediaan sabuk pengaman. Periksa juga jok, dashboard, karpet, dan juga plafon apakah masih layak.

3. Cek Body Mobil

tips membeli mobil bekas di showroom

Cek kondisi eksterior mobil secara teliti dan cermat. Pastikan semua komponen mobil termasuk kap mesin, pintu, kaca, dan bagian body lainnya masih orisinil atau tidak serta dapat digunakan dengan baik atau tidak.

Perhatikan juga tentang cat mobil apakah ada bagian yang telah mengalami perbaikan atau tidak. Bagian yang paling penting adalah rangka utama. Pastikan chassis mobil dalam keadaan prima.

4. Pastikan Kondisi Mesin Mobil

tips membeli mobil bekas agar tidak tertipu

Cobalah buka kap mesin dan periksa mesin mobil tersebut. Bagian ini adalah bagian yang paling penting untuk menentukan kualitas mesin. Coba untuk starter mobil dan dengarkan suara mesinnya, pastikan bahwa mesin memiliki suara yang halus dan tidak kasar.

Mintalah untuk test drive sebagai cara menguji performa mesin termasuk rem, kaki mobil, dan juga transmisinya.

Ketika ada melakukan test drive maka Anda dapat merasakan dengan jelas apakah mobil tersebut masih layak digunakan dan memiliki kualitas mesin yang bagus atau tidak. Perhatikan juga kemungkinan terjadinya kebocoran pada komponen mesin tersebut. Kenyamanan mobil juga bisa Anda rasakan ketika test drive, apakah suspensinya halus atau keras.

5. Kelengkapan Dokumen Mobil 

tips membeli mobil bekas online

Setelah Anda memeriksa semua kondisi mobil, hal yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah memeriksa semua kelengkapan dokumen mobil tersebut.

Mintalah pihak penjual untuk menunjukkan BPKB, STNK, dan juga Faktur pembelian mobil. Apabila mobil yang ingin Anda beli termasuk dalam jenis mobil built-up, Anda harus minta kepada penjual untuk menunjukkan form A yang dimiliki mobil tersebut.

Cermati dokumen tersebut dengan cara mencocokkan antara nomor rangka yang ada di dokumen dengan nomor rangka yang ada di mesin.

Pastikan fisik yang tertera pada dokumen telah sesuai dengan kondisi real. Hal utama lainnya adalah pastikan mobil yang akan Anda beli tersebut nama pada BPKP dan STNK adalah nama asli pemiliknya dan bukan dari pembelian tangan ketiga dan seterusnya.

6. Waspada Mobil yang Memiliki harga Miring

cek kondisi mobil bekas

Banyak orang yang tergiur dengan harga mobil yang murah. Anda patut waspada apakah mobil tersebut benar dijual dengan harga miring dan memiliki kualitas yang masih layak. Telusuri terlebih dahulu kondisi mobil yang ditawarkan.

Tips membeli mobil bekas ini banyak dilewatkan oleh pembeli karena sudah terlanjur cocok dengan harganya namun kurang jeli dalam melihat kondisi mobil.

Terlebih saat ini banyak mobil yang dijual karena beberapa faktor misalnya bekas kecelakaan, mobil yang terendam banjir, atau mobil yang tidak memiliki dokumen yang lengkap.

Hal inilah yang harus Anda cermati dengan baik sehingga Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang layak. Beberapa showroom mobil juga terkadang memasang harga murah untuk memancing pembeli datang ke showroomnya.

7. Ajak Teman atau Mekanik yang Ahli

tips memilih mobil bekas

Tips membeli mobil bekas selanjutnya adalah mengajak teman atau orang yang ahli dalam dunia mesin ketika Anda akan membeli mobil bekas.

Bantuan dari teman atau orang yang ahli ini cukup membantu Anda untuk memilih mobil bekas yang berkualitas jika Anda termasuk orang yang kurang paham tentang mesin mobil. 

Tips membeli mobil bekas sangat Anda butuhkan untuk bisa memilih mobil bekas yang masih layak dan menguntungkan bagi Anda.

Tidak semua kondisi mobil yang dijual memiliki kondisi yang jelek, banyak juga mobil bekas yang dijual dan masih memiliki kondisi yang cukup baik dan layak digunakan. Yang harus Anda perhatikan adalah menjalankan tips membeli mobil bekas tersebut dengan baik.

infolpg Temukan informasi seputar Lampung. Inspirasi Wisata, Bisnis, Kesehatan & Kuliner di http://infolpg.com.