Wisata di Kebun Raya Liwa

| | ,

Wisata di Kebun Raya Liwa – Lampung memang banyak memiliki berbagai macam destinasi wisata yang cukup terkenal. Tepat di Lampung Barat terdapat sebuah wisata bernama Kebun Raya Liwa atau biasa disebut KRL.

Kebun Raya Liwa adalah kawasan konservasi dan pengembangan tanaman hias yang dibangun dengan tema taman tematik, beraneka ragam tanaman pilihan terdapat disana, mulai dari jenis tanaman buah, tanaman obat, tanaman hias, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kebun Raya Liwa ini sendiri adalah tempat wisata yang memiliki pemandangan alam yang luar biasa, selain kecantikan tamannya yang didesain sedemikian rupa, juga alam sekitar yang begitu mempesona mengelilingi kawasan ini, mulai dari kawasan hutan hingga pegunungan.

Kondisi Kebun Raya ini benar-benar nyaman dan masih alami, udaranya yang sejuk, suasananya yang tenang, dan panorama alamnya yang menakjubkan yang masih dikelilingi kabut putih, sungguh bak lukisan alam yang indah.

Sejarah Kebun Raya Liwa

wisata taman buah kebun raya liwa

Pembangunan Kebun Raya Liwa ini terbilang cukup lama, dimulai pada November 2008. Pembangunan Kebun Raya ini merupakan hasil kerjasama antara Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Konservasi tumbuhan Kebun Raya Bogor dengan Departemen Pekerjaan Umum.

Menurut informasi yang didapat, dengan luas taman sekitar 1,6 hektar, Kebun Raya Liwa merupakan satu-satunya Kebun Raya yang ada di Provinsi Sumatera. Kebun Raya ini dibangun untuk diwariskan ke generasi yang akan datang dengan tujuan untuk dapat dijaga dan dilestarikan agar mereka tetap dapat menikmati keindahan alam ini.

Fasilitas Kebun Raya Liwa

Guna memudahkan dan membuat nyaman para pengunjung, di Kebun Raya ini telah di bangun jalan-jalan setapak agar pengunjung dapat berkeliling dan melihat berbagai jenis tanaman langka dengan puas. Selain itu juga sudah tersedia kursi-kursi untuk bersantai menikmati pemandangan sehingga pengunjung merasa semakin nyaman ketika berkunjung ke tempat ini. Dan juga terdapat berbagai macam spot foto yang telah dilengkapi ornamen-ornamen unik lainnya.

Fasilitas umum yang lainnya pun sudah tersedia, seperti: area parkir, toilet umum, musholla, gazebo, kolam, kedai kopi dan masih banyak lagi yang lainnya.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Liwa

Untuk saat ini harga tiket masuk Kebun Raya Liwa masih gratis alias tidak dikenakan biaya sediktpun untuk para pengunjung. Bisa jadi dikarenakan tempat wisata ini masih sangat baru, sehingga menarik minat para pengunjung, maka tidak diberlakukan biaya retribusi untuk saat ini. Bisa jadi akan dikenakan biaya nanti dipenghujung tahun 2018.

Lokasi  Kebun Raya Liwa

Kebun Raya Liwa berada di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), dengan ketinggian mencapai 949 Mdpl. Untuk kalian yang tertarik berkunjung di Kebun Raya Liwa ini, lokasinya berada masih ditengah kota Liwa, di Desa Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Lampung Barat.

Jadi, untuk kalian yang masih bingung mau liburan kemana, dan ingin menikmati udara yang segar. Kebun Raya Liwa ini sangat recomended untuk kalian, dan tempat ini juga sudah terbilang ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun luar daerah untuk menikmati udara yang sejuk dan berkabut.

Baca  Museum Lampung, Wisata Edukasi Yang Kaya Akan Sejarah dan Budaya
Previous

Slanik Waterpark Lampung Wahana Rekreasi Paling Hits

16 Macam Pakaian dan Perhiasan Adat Lampung

Next

Leave a Comment