dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Ini Fakta Bendungan Batu Tegi Lampung yang Harus Kamu Tahu

2 min read

lokasi bendungan batu tegi lampung

Bendungan Batu Tegi – Di Provinsi Lampung terdapat bendungan yang merupakan bendungan terbesar di Asia Tenggara. Bendungan yang mempunyai luas 3.560 ha ini lebih dikenal oleh masyarakat Lampung dengan nama Bendungan Batu Tegi.

Lalu apa saja dan bagaimana awal berdirinya bendungan ini? Bahkan ada korban yang meninggal ketika masa pembangunan bendungan ini. Simak selengkapnya dibawah ini.

Bendungan Batu Tegi

Berikut ini adalah beberapa fakta yang berhasil InfoLpg himpun dari berbagai sumber.

Sejarah Bendungan Batu Tegi

Bendungan ini dibangun sejak tahun 1995, kemudian diresmikan oleh Presiden Indonesia Megawati Soekarnoputri pada tahun 2004. Dalam pembangunannya terdapat beberapa kisah yang merupakan kejadian nyata di bendungan tersebut.

Terowongan Bendungan Batu Tegi

terowongan batu tegi

Kisah itu terjadi pada sebuah terowongan yang ada di area bendungan. Yaitu ada pekerja yang kala itu sedang mengerjakan terowongan pembuangan air. Namun mereka semua tertimpa oleh alat berat yang digunakan untuk mengecor semen seberat puluhan ton. Terowongan yang dikerjakan oleh pekerja itu mempunyai diamater puluhan meter dan dengan panjang hingga ratusan meter kebawah.

Sebanyak 13 orang pekerja tersbeut meninggal dunia. Dan nama-nama mereka tertulis pada sebuah monumen yang dibuat disana.

Kedalaman Bendungan Batu Tegi

Untuk kedalaman bendungan ini belum ada pernyataan yang pasti. Namun bendungan ini dapat menampung debit air sebanyak 9 juta meter kubik, karena digunakan untuk pembangkit listri PLTA bendungan ini dapat menghasilkan listrik dengan kapasitas hingga 125,2 gigawatt per tahun.

Bendungan ini juga menyediakan pasukan listrik untuk PLN sebanyak 2x 14 mw yang dikhususkan untuk wilayah Lampung.

Bendungan Batu Tegi menyatukan dua bukit yang sangat tinggi. Serta air yang menggenang menenggelamkan bukit-bukit yang kecil yang berada disebelah hulu bendungan.

Diatas bendungan merupakan jalan aspal yang memiliki lebar 10 m yang dilengkapi dengan trotoar, pot bunga, lampu jalan dan pagar pembatas.

Lokasi Bendungan Batu Tegi

Bendungan Batu Tegi merupakan bendungan air yang terletak di Pekon Batutegi, Kecamatan Air Nanginan, Kabupaten Tanggamus. Jika dari Bandar Lampung maka bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar 3 jam juga tidak jauh dari Tempat Wisata di Pringsewu.

Untuk anda yang menggunakan motor atau mobil dapat melalui Jalan Lintas Barat ke arah Talang Padang, Tanggamus. Anda akan menemui petunjuk arah menuju lokasi bendungan sampai mencapai daerah Air Nanginan.

Sedangkan jika tidak memiliki kendaraan pribadi, anda bisa naik kendaraan umum. Bisa mengendari bus dari Terminal Rajabasa menuju Kota Agung. Dari Pasar Talang Padang, anda dapat naik angkutan desa atau angkudes untuk menuju Air Nanginan.

Kemudian dilanjutkan dengan menaiki ojek. Selama perjalanan yang jauh menuju lokasi, anda akan disajikan pemandangan alam sekitar jalan. Pemandangan yang asri, alami dan tentu saja menyegarkan mata.

Harga Tiket Wisata Bendungan Batu Tegi

cerita bendungan batu tegi lampung
via: lampung.tribunews.com

Untuk anda yang ingin berwisata di Bendungan Batu Tegi maka ada bisa membayar tiket masuk pengunjung dengan harga Rp.3.000/orang. Setelah membayar tiket maka anda bisa mengunjungi dua area utama.

Area pertama merupakan bagian didalam bendungan kemudian area kedua yaitu dermaga atau sering disebut dengan Jetty. Jika ingin memasuki bagian didalam bendungan, anda diharuskan meminta izin terlebih dahulu kepada petugas penjaga pintu.

Dari lokasi ini anda dapat menikmati pemandangan bukit-bukit di sekitar Landmark dengan hiasan dinding yang bertulis “Bendungan Batutegi“.

Jenis TiketHarga
UmumRp. 3.000
JettyRp. 700.000

Ada juga sebagian warga yang sudah menyiapkan fasilitas untuk berkeliling bendungan dengan memakai perahu pribadi. Untuk menyewa satu kali putaran yaitu sekitar Rp. 700.000.

Sementara untuk menikmati Jetty anda akan menikmati suatu perjalanan sambil melihat pemandangan bukit yang indah. Perjalanan menuju Jetty ini anda akan dihadirkan pemandangan jalan berkelok menurun menuju dermaga.

Tepat didepan mata anda akan disuguhkan hamparan pemandangan “kolam air raksasa” serta beberapa pucuk bukit sebagai latar belakangnya. Sangat cocok untuk anda yang hobi foto selfie atau hunting foto.

Fungsi Bendungan Batu Tegi

Seperti yang sudah disinggung diatas, bahwa bendungan ini digunakan sebagai penampungan air hujan dan untuk membantu mengairi sawah masyarakat. Selain itu fungsi bendungan Batu Tegi ini adalah sebagai pembangkit listrik air atau PLTA.

Itulah beberapa fakta tentang Bendungan Batu Tegi. Semoga bisa menjadi referensi berlibur anda ke wisata di Tanggamus ini. Selamat menikmati.

dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer