7 Fakta Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur

| | ,

Menanamkan Cinta Sejarah dengan Berwisata Di Peninggalan  Situs Purbakala Zaman Megalitikum  Taman Purbakala Puggung Raharjo

Kabupaten Lampung timur  memang memiliki banyak destinasi wisata. Selain terkenal dengan  pesona Gajah yang berada di Way Kambas, wisata di Lampung Timur memiliki destinasi yang kental akan sejarah.

Destinasi wisata tersebut adalah Taman Purbakala yang  berada di pugung Raharjo. Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan  sebuah situs  purbakala dari zaman megalitikum.

Sejarah Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung

sejarah taman purbakala pugung raharjo

Sejarah singkat Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur ini  bermula dari temuan benda-benda purbakala pada tahun 1954, yakni ketika 78 KK mengikuti program transmigrasi lokal yang diadakan oleh Biro Rekonstruksi Nasional (BRN).

Warga transmigrasi lokal dari desa Batanghari, Sekampung itu kemudian membuka hutan Pugung untuk tempat tinggal, pertanian, ladang dan sawah.

Penelitian Taman Purbakala

tempat wisata taman purbakala

Penelitian awal dimulai tahun 1968 oleh Lembaga Purbakala yang dipimpin oleh Drs. Buchori. 

Pada tahun 1973  Lembaga Purbakala dan Peninggalan Nasional bekerjasama dengan Pennsylvania Museum University melakukan pencatatan dan pendokumentasian kepurbakalaan Pugung Raharjo yang hasilnya dituangkan dalam Laporan Penelitian Sumatera.

Penelitian dan penggalian berlangsung hingga tahun 1980, menghasilkan kesimpulan bahwa kompleks megalitik Pugung Raharjo memiliki luas sekitar 25 ha.

Situs Peninggalan Masa Megalitik

lokasi taman purbakala pugung raharjo

Di dalam situs arkeologi Taman Purbakala Pugung Raharjo ini terdapat komplek peninggalan dari masa megalitik seperti arca, pundan berundak, batu mayat, altar batu, menhir, batu berlubang, serta dolmen peninggalan periode klasik berupa prasasti, dan keramik dari Dinasti Han, Dinasti Sun, dan Dinasti Ming.

Baca  Muncak Teropong Laut Tempat yang Instagramable di Pesawaran Lampung

Rumah Informasi di Taman Purbakala

rumah informasi taman purbakala

Di dalam area taman purbakala ini ditemukan banyak peninggalan arca batu, menhir, punden berundak, keramik lokal maupun asing. Selain itu, di Taman Purbakala Pugung Raharjo terdapat Rumah informasi Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Rumah informasi sesuai namanya adalah tempat yang pertama dituju untuk mendapatkan informasi mengenai Taman Purbakala Pugung Raharjo.  Di sana kita bisa melihat beberapa benda peninggalan purbakala seperti gerabah, guci, batu, arca patung dan tentunya informasi mengenai sejarah ditemukannya Taman Purbakala ini.

Selanjutnya kita menuju gerbang Taman Purbakala Pugung Raharjo yang berjarak sekitar 1 km dari rumah informasi.  Dari papan petunjuk yang ada di Gerbang Taman Purbakala, kita bisa mengetahui ada  4 punden dan 2 benteng di Situs Purbakala Pugung Raharjo.

Taman Purbakala Pugung Raharjo dikelilingi oleh tanggul, konon dulunya merupakan benteng pertahanan. Tanggul di Taman Purbakala Pugung Raharjo ini jika diperhatikan mirip seperti bukit yang ada dalam cerita film teletubis. Tentu ini yang menjadi daya tarik pengunjung untuk mengunjungi Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Batu Mayat Taman Purbakala

batu megalitik di pugung raharjo

Tidak jauh dari gerbang 1 KM tepatnya , melalui kebun palawija dan tanaman jati, kita akan menemukan Situs Batu Mayat Taman Purbakala Pugung Raharjo atau biasa dikenal dengan situs  Batu Kandang.

Kemudian tempat terfavorit pengunjung  Taman Purbakala Pugung Raharjo untuk berselfi adalah punden berundak . Untuk menuju lokasi Punden Berundak, kita harus berjalan kaki lebih dalam menuju jantung Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Kolam Megalitik Taman Purbakala

kolam mata air di taman purbakala

Setelah puas mengambil foto di Punden Berundak, biasanya pengunjung Taman Purbakala Pugung Raharjo merefleksikan diri sembari menghilangkan kelelahan setelah berjalan kaki menuju Punden Berundak , Biasanya pengunjung menyambangi Kolam Megalitik .

Baca  5 Fakta Wisata Danau Ranau Lampung Yang Wajib Anda Ketahui

Kolam Megalitik ini terletak di dekat Punden Berundak tertinggi. Kolam Megalitik yang bersih meyuguhkan kesejukan dan keasrian alamnya. 

Selain itu , pengunjung juga akan menemukan Ikan kecil-kecil yang bersedia menyembuhkan kepenatan dan membantu merefleksikan kaki-kaki pengunjung Taman Purbakala Pugung Raharjo. Kolam Megalitik  juga memiliki cerita yang dipercayai oleh masyarakat sekitanya. Konon kolam ini merupakan Kolam Bertuah, akan membuat mereka yang mandi di kolam ini menjadi awet muda.

Lokasi Taman Purbakala

Bagi anda yang penasaran dengan keindahan dan rahasia peradaban megalitikum Pugung Raharjo di Lampung Timur, lokasi ini letaknya cukup jauh dari Bandar Lampung. Meski begitu, untuk dapat mencapai Pugung Raharjo yang jaraknya sekitar 42 kilometer dari Kota Bandar Lampung, sebenarnya sangat mudah.

Ada dua jalur yang bisa dilewati. Pertama dan yang paling dekat adalah melewati Jalan Tirtayasa. Perjalanan kemudian dilanjutkan melewati Jalan Ir Sutami untuk kemudian menuju arah Bandar Sribawono. Perlu diketahui akses jalan disini cukup menuntut kesabaran karena jalan berlubang dan rusak parah menghiasi sepanjang perjalanan.

Sedangkan jalur kedua adalah melalui Kota Metro untuk kemudian berputar arah menuju Sekampung Udik, Lampung Timur. Jalanan di sini umumnya sangat baik namun relatif sangat jauh. Sebelum memasuki kawasan taman purbakala, sebaiknya mengunjungi rumah informasi terlebih dahulu. Biasanya di rumah ini terdapat petugas yang dapat menemani perjalanan anda berwisata sejarah.

Previous

13 Makanan khas Lampung ini Bikin Ngiler, Wajib coba

20 Tempat Wisata di Lampung Selatan Paling Populer

Next

Leave a Comment