Wisata Way Kambas (Sejarah, Tiket, Lokasi dan Fasilitas)

| |

Wisata Way Kambas (Sejarah, Tiket, Lokasi dan Fasilitas)
5 (100%) 11 votes

Wisata Way Kambas – Berkunjung ke Provinsi Lampung tidak lengkap jika tidak mendatangi tempat wisata di Lampung Timur yang terkenal yaitu Way Kambas. Way Kambas merupakan pusat pelatihan dan sekolah Gajah yang ada di Lampung.

Buat kamu yang akan berkunjung ke tempat ini, sebaiknya mengetahui dulu bagaimana sejarah dari Taman Nasional Way Kambas ini berdiri. Dan juga bagaimana akses menuju lokasi serta fasilitas yang ada disana.

Harga Tiket Masuk Way Kambas

Jenis TiketHarga
UmumRp. 7.000
Naik GajahRp. 20.000
Paket Keliling Way KambasRp. 150.000
PenginapanRp. 200.000

Untuk harga tiket masuk Taman Way Kambas ini kamu diharuskan membayar tiket masuk seharga Rp. 7.000/ orang. Dengan harga yang begitu terjangkau tentu kamu sudah bisa menikmati pemandangan alami dari kebun binatang di Lampung Timur ini.

Didalamnya kamu bisa naik gajah atau berjalan-jalan mengelilingi tempat-tempat disekitarnya. Disana juga ada wisata yaitu memandikan gajah, atraksi gajah dan juga sepak bola gajah. Intinya selalu melibatkan gajah.

Selain ada wisata diatas, kamu juga bisa naik gajah yang akan dipandu oleh guide terlatih atau pawang gajah. Jadi tidak usah panik atau takut. Untuk naik gajah, maka dapat membayar tiket sebesar Rp. 20.000 untuk satu kali putar sekitar 50 hingga 100 meter.

Sedangkan jika belum puas maka kamu bisa mengambil paket short time dengan biaya Rp. 150.000 untuk mengelilingi taman dengan gajah selama 30 menit. Untuk jam buka tempat ini adalah buka dari jam 8.00 sampai dengan jam 18.00.

Sejarah dan Lokasi Way Kambas National Park

wisata way kambas
via: waykambas.org

Way Kambas National Park atau Taman Nasional Way Kambas adalah sebuah taman nasional perlindungan gajah yang berada di Lampung. Lebih tepatnya di Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur. Sebagai salah satu Tempat Wisata di Lampung Timur, Way Kambas merupakan destinasi wisata yang sering dikunjungi oleh warga Lampung pada khususnya, dan mancanegara pada umumnya.

Di taman ini ada sekolah gajah atau Pusat Pelatihan Gajah. Taman Nasional Way Kambas ini didirikan pada tahun 1985 yang ketika itu merupakan sebuah sekolah gajah pertama yang ada di Indonesia.

Dahulu tempat ini bernama Pusat Pelatihan Gajah (PLG) tetapi saat ini sudah berganti nama menjadi Pusat Konservasi Gajah (PKG). Dengan nama tersebut diharapkan dapat menjadi sebuah pusat konservasi gajah dalam pelatihan, perkembangbiakan, penjinakan dan konservasi.

Sampai saat ini Pusat Konservasi Gajah Way Kambas ini sudah melatih kira-kira 300 ekor gajah yang telah disebar di semua penjuru Indonesia. Disana juga ada Yayasan Rhino Internasional atau yayasan yang menjaga spesies badak supaya tidak terancam punah.

Fasilitas Wisata Way Kambas

Ketika kamu sudah disana, maka akan menikmati wahana seperti atraksi gajah yang bermain bola yang dilakukan di sore hari setiap akhir pekan. Kamu juga dapat menaiki gajah yang setiap ekornya dapat dinaiki oleh dua pengunjung dan 1 pawang gajah.

Selain bisa naik gajah, kamu bisa mengabadikan momen dengan mengambil foto dengan kamera atau merekamnya dengan drone. Ketika menaiki gajah untuk berjalan-jalan maka disekitar taman, maka yang akan melewati padang rumput yang hijau dan juga banyak pepohonan tinggi menjadikan suasana sangat sejuk dan alami.

Way Kambas Tour

Untuk kamu yang ingin berkeliling menyusuri sungai dengan perahu motor dapat mengambil paket tour. Dalam perahu motor tersebut dapat di isi dengan 6 orang.

Kamu akan diajak oleh pawang gajah untuk mengelilingi kawasan hutan Way Kambas dan melihat kehidupan satwa liar di alam bebas. Untuk harga paket tour ditawarkan mulai dari Rp. 750.000 hingga 1.500.000 tergantung dari jauh atau dekatnya hutan perjalanan.

Melihat harganya tentu terlihat mahal, tetapi semua itu akan terbayar dengan kamu bisa melihat alam bebas dan melihat banyak gajah serta hewan lainnya.

Penginapan Taman Nasional Way Kambas

Untuk kamu yang ingin menginap di area taman way kambas maka dapat menyewa Guest House yang sudah disediakan dekat dengan plang hijau Camp Resort Way Kanan.

Pengelola menawarkan harga guest house sebesar Rp. 200.000 untuk satu malamnya. Lebih dari itu masih ada tempat penginapan lain yang terletak tidak jauh dari gerbang pintu masuk yang berbentuk seperti cottage yang dapat menampung 4 orang. Fasilitas Cottage ini juga lengkap seperti rumah sendiri dengan penerangan listrik tenaga surya.

Itulah penjelasan tentang Wista Way Kambas, semoga bisa menjadi referensi buat kamu yang ingin berkunjung di tempat ini. Selamat berlibur

Previous

Inilah Jenis-Jenis Rumah Adat Lampung + Foto dan Filosofinya

Jasa Pembuatan Website Terbaik di Lampung

Next

Leave a Comment