infolpg Temukan informasi seputar Lampung. Inspirasi Wisata, Bisnis, Kesehatan & Kuliner di https://infolpg.com.

20 Tempat Wisata di Lampung Selatan Paling Populer

7 min read

pemandian wisma belerang di lampung selatan
20 Tempat Wisata di Lampung Selatan Paling Populer
5 (100%) 7 votes

Kali ini kita akan membahas 20 Wisata di Lampung Selatan. Bagi para pecinta wisata alam khusunya daerah Lampung Selatan dan sekitarnya, perlu banget nih untuk menyimak bahasan kita kali ini.

1. Pantai Tapak Kera Tempat Wisata di Lampung Selatan Yang Hits

lokasi pantai tapak kera lampung selatan

Tempat wisata di Lampung Selatan yang pertama, Pantai Tapak Kera yang terletak di Desa Kenjuruan, Merak Belitung, Kalianda, Kabupatean Lampung Selatan. Pantai tersebut membutuhkan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pusat kota Bandar Lampung, lalu dilanjutkan dengan tracking selama 30 menit untuk mencapai puncak pantai tersebut.

Pantai ini untuk menyuguhkan beberapa panorama yang paling terkenal yaitu Batu Karang yang Eksotis, para pengunjung bisa naik keatas batu karang untuk mendapatkan view foto yang menajubkan.

Pengunjung bisa berenang saat air laut sedang surut. Hanya dianjurkan sedang surut, karena kalau sedang pasang beberapa batu kerikil akan naik ke permukaan laut. Untuk harga tiket, kalian hanya mengeluarkan Rp. 10.000

2. Pantai Embe (Merak Belantung)

wisata pantai merak belantung

Dengan menyuguhkan pemandangan pantai indah dan ombak yang tak begitu kuat, Pantai Merak Belantung ini menjadi salah satu tujuan utama destinasi masyarakat sekitar ketika sedang liburan.

Dengan harga tiket hanya 20.000, kalian sudah bisa menikmati semua fasilitas yang ada didalam lokasi seperti menyewa ban, lapangan bermain tradisional, outband track, mini mancing, dan masih banyak lagi.

Terletak di Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung selatan, pengunjung akan diarahkan ke Pelabuhan Bakaheuni lalu menempuh perjalanan menuju Pantai Embe sekitar 35 menit-1jam.

Pengelola pantai ini menyediakan beberapa permainan tradisional seperti gobak sodor, gasing, dan enggrang dengan memanfaatkan yang ada di sekitar kita seperti tanah dan batu.

3. Pantai Marina Kalianda

wisata di lampung selatan pantai marina
youtube.com

Pantai Marina yang pernah menunjukkan eksistensi nya ini merupakan salah satu pantai ter-banyak paling dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Terletak di Kecamatan Merak Belantung, Kabupaten Lampung Selatan, Pantai Marina memang sudah tidak seramai awal tahun 2000-an, karena ada beberapa rumor mengatakan bahwa pantai ini angker.

Namun itu semua tidak mengurangkan keindahan alamnya, dengan dihiasi batu karang yag menghadap langsung ke hamparan pantai. Begitu pula dengan sunset yang wajib dinikmati ketika waktu menjelang malam.

Jarak tempuh memakan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi roda dua maupun roda empat.

4. Taman Batu Granit

taman batu granit lampung selatan
taman batu granit lampung selatan by gusphots

Dikenal menjadi daerah penghasil batu bungsur, Taman Batu Granit selalu diminat orang-orang setidaknya hanya untuk mengambil beberapa foto.

Terletak di Tanjung Bintang, Lampung Selatan wisata ini sudah jarang dikunjungi orang sejak beberapa tahun silam. Namun akhir-akhir ini, Taman Batu Granit kembali ramai dikunjungi masyarakat untuk hunting menyalurkan hobi. Jarak tempuh ke tempat wisata di lampung selatan ini sekitar 1,5 jam.

Saat sampai, kalian akan langsung melihat batu granit besar yang menjadi ikonik taman wisata tersebut. Ketika sudah dipuncak, bisa melihat pemandangan hamparan pohon karet yang luas dengan udara yang sangat sejuk.

Untuk harga tiket, kalian hanya perlu mengeluarkan sebesar 10.000 rupiah untuk menikmati keindahan alam yang tidak ada duanya.

5. Tempat Wisata di Lampung Selatan – Pantai Batu Alif

pantai batu alif
via: https://nikemei.blogspot.com

Pantai Batu Alif ini terletak di Desa Klawi Bakauheni. Untuk mencapai tujuan, membutuhkan waktu 3 jam perjalanan, dan beberapa tracking sekitar 30 menit melewati jalan menurun setapak. Hati-hati, karena samping kanan nya adalah jurang.

Setelah melewati tracking jalan menurun selama 30 menit, kalian akan langsung menemukan pantai nya. Pantai Batu Alif ini masih sangat terawat atau mungkin jarang ada orang berkunjung karena belum terlalu terekspos keluar.

Air yang masih sangat bening dan pasir putih yang masih sangat lembut menjadi daya tarik sendiri bagi traveler untuk mengunjungi pantai ini. Di pantai ini terdapat batu besar bernama Batu Alif yang bisa dipanjat dengan mudah untuk bersenang-senang seperti lompat terjun untuk berenang, menikmati pemandangan air laut 3 warna bening, tosca, dan biru tua.

Untuk harga tiket, hanya Rp. 10.000, pantai Batu Alif tergolong laut lepas, jadi ombaknya tergolong kuat.

6. Air Terjun Cicurug Sarmun

Suasana yang dingin karena terletak di kaki gunung Rajabasa, Air Terjun Cicurug Sarmun ini terletak di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut lereng di desa Cugung, Lampung Selatan.

Untuk ke tempat wisata di Lampung Selatan ini, membutuhkan waktu sekitar 45 menit untuk sampai ke air terjun tersebut menggunakan kendaraan pribadi.

Akses jalannya sangat mudah. Setelah sampai, kalian cukup memakirkan kendaraan pribadi kalian diluar, lalu masuk dengan menempuh jarak 500 meter. Jarak tersebut tidak akan membuat lelah karena udara yang masih sangat sejuk.

Jalan yang setapak untuk dilewati saat akan menempuh perjalanan untuk mencapai Air Terjun Cicurug Sarmun, diharuskan untuk selalu berhati-hati.

7. Kebun Karet Trikora

Bagi kalian yang menyukai pemandangan atau suasana yang cocok sekali untuk di post sebagai feeds kamu di Instagram, Kebu Karet Trikora jawabannya. Terletak di Desa Rejomulyo, Kecamatan Jati Agung, Lampung Selatan.

Menyuguhkan jalanan yang sudah di aspal rapi ditengah dengan deretan pohon karet di samping kiri dan kanan membuat kalian langsung terhipnotis untuk mengambil kamera dan segera mengabadikan pemandangan yang satu ini.

Pohon yang sangat rindang dan saling bertemu dengan puncak pohon seberang nya, seakan-akan terlihat seperti terowongan. Membuatnya terlihat makin indah, sejuk, dan menajubkan.

Selain mendapatkan pemandangan yang menajubkan, disini kalian juga bisa mendapatkan pengetahuan tentang cara pengelolaan karet itu sendiri.

Tidak lupa, untuk masuk kebun ini kalian tidak dipungut biaya apapun. Menyenangkan, bukan?

8. Nikmati Pemandian Air Panas Way Belerang di Lampung Selatan 

pemandian wisma belerang di lampung selatan
pemandian wisma belerang di lampung selatan by luckyferdianto

Perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam dari jalan Soekarno Hatta, namun jalan yang dilalui cukup mudah.

Terdapat 3 kolam didalam Pemandian Air Panas Way Belerang ini. Bagian paling atas berwarna pekat dan aroma belerang lebih menyengat dari kedua kolam dibawahnya, kedalamannya sekitar 100 cm, lalu ada pancuran murni langsung dari gunung Rajabasa dengan 50-60 derajat celcius. Jadi dipastikan tidak langsung nyebur begitu saja ya, harus dibiasakan dulu kulit dan tubuhnya.

Kedua kolam paling bawah airnya jernih dengan kedalaman sekitar 150 cm. Selain itu, lokasi tersebut menyuguhkan langsung hutan yang masih hijau dan asri. Menambah udara sejuk di Pemandian tersebut. Setelah itu, harga tiket hanya Rp. 10.000 per orang.

Sangat rekomendasi bukan untuk menghabiskan waktu luang bersama keluarga di akhir pekan ini?

9. Melihat Krakatau dari Pulau Sebesi di Lampung Selatan

pulau di lampung selatan pulau sebesi

Siapa yang tidak kenal Pulau Sebesi, andalan kota Lampung untuk urusan wisata. Bagi kalian yang masih asing mendengar nama pulau satu ini, pulau ini terletak di Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan. Dari pulau ini juga kita bisa melihat Gunung Krakatau di tengah laut.

Selain bisa melihat Gunung Krakatau menjulang ditengah laut, kalian bisa naik Kano untuk memacu adrenalin ketika ombak sedang cukup tinggi. Lalu setelah itu, kalian bisa mencoba snorkeling dengan peralatan yang sudah disiapkan oleh pengelola Pulau.

Untuk mencapai Pulau ini, kalian harus menuju dermaga Canti, Kalianda, Lampung Selatan. Perjalanan dari Bakauheni hanya menempuh 1 jam perjalanan.

Untuk biaya, kali ini cukup mengocek harga sedikit besar sekitar 3 juta untuk keperluan perahu menyebrang ke beberapa pulau di Lampung seperti Pulau Sebuku, Pulau Krakatau, lalu Pulau Panjang.

10. Pulau Sebuku

tempat wisata di lampung selatan pulau sebuku

Merupakan salah satu pulau terbesar di Selat Sunda, terletak di Rajabasa, Lampung Selatan. Air yang masih berwarna biru dengan pasir putih lembut yang menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pulau Sebuku menyediakan beberapa fasilitas penginapan di antara Pulau Sebesi dan Dermaga Canti seperti Guest House dan cottage. Dengan suasana sepi dan tenang, Pulau Sebuku cocok banget untuk tempat refreshing dengan teman atau keluarga di hari liburan.

Untuk menempuh jarak mencapai Pulau Sebuku, kalian harus menuju Dermaga Canti, kemudian naik speedboat atau feri dengan memakan waktu 1,5 jam.

11. Gunung Rajabasa – Tempat Kemping di Lampung Selatan

Gunung Rajabasa. Uniknya, gunung ini langsung dihadapkan dengan hamparan laut biru yang benar-benar menyegarkan mata bagi pendaki ketika lelah.

Lokasi yang berada sekitar 5 KM dari Kalianda, Ibukota Kabupaten Lampung Selatan. Kalian yang berencana untuk mendaki gunung ini diharuskan untuk melalui Desa Sumur Kumbang, karena desa tersebut yang paling dekat dengan gunung. Setelah sampai, pendaki bisa naik ojeg dengan biaya 10.000-35.000.

Untuk mencapai puncak gunung, pendaki bisa menempuh waktu sekitar 5-6 jam dan melewati lima pos pemberhentian.

12. Pulau Condong

wisata pulau condong
via: https://www.indonesiakaya.com

Salah satu pulau yang memiliki keindahan tidak kalah dengan pulau lainnya. Berada di bagian Selatan kota Lampung, Pulau Condong ini juga salah satu destinasi utama dan favorit setiap pengunjung.

Ketika ingin menyebrang menuju dermaga, pengunjung akan disuguhkan hamparan laut berwarna biru cerah dengan cahaya matahari yang menyinari laut membuatnya semakin terlihat menarik.

Setelah itu pengunjung bisa snorkeling, diving, dan outbond di pulau ini. Untuk menyebrang ke dermaga menggunakan perahu, perahu tersebut dikenakan sekitar 150.000-250.000 rupiah. Untuk bekal, pengunjung bisa membawa bekal mereka sendiri dari rumah karena disekitar pulau masih jarang ada yang berjualan.

Terletak sekitar 5 KM dari kawasan Pantai Pasir Putih di Desa Tarahan, Kecamatan Katibung, Lampung Selatan.

13. Air Terjun Way Kalam

Air terjun yang dikelilingi pohon besar dengan panorama masih sangat alam, Air Terjun Way Kalam ini merupakan salah satu destinasi liburan atau wisata yang paling sering dikunjungi di waktu senggang atau lliburan.

Terletak di Desa Way Kalam, Kecamatan Penengahan, Kabupaten Lampung Selatan. Hanya memmbutuhkan waktu 30 menit dari Kalianda untuk menuju air Terjun Way Kalam.

Air terjun yang dikelola oleh beberapa masyarakat sekitar, juga membangun fasilitas pondokan untuk beristirahat dan santai, dan tempat parkir untuk kendaraan pengunjung.

Biaya masuk untuk per orang dikenakan Rp. 5.000 dan untuk mobil dikenakan Rp. 20.000, cukup murah untuk menikmati pemandangan indah air terjun dengan suasana sejuk dan dingin yang berada didekat pegunungan.

14. Wisata Pulau Mengkudu di Lampung Selatan

trip pulau mengkudu
instagram.com/genpilamsel

Terletak di Desa Batu Balak, pulau ini belum terlalu diketahui banyak orang sekitar dan luar Lampung. Kelestariannya masih sangat terjaga terlihat dari air dan sekitar yang masih sangat bening dan bersih.

Pulau Mengkudu ini terkenal karena memiliki pasir timbul yang terlihat seperti jembatan yang menghubungkan pulau Mengkudu dengan pulau Sumatera. Namun pasir timbul ini tidak terlihat ketika air laut sedang pasang. Warna lautnya memiliki warna biru cerah yang memanjakkan mata, sehingga pengunjung bisa berenang dengan tenang karena ombak nya juga tergolong tidak kuat.

Hanya dengan memakan 45 menit- 1 jam perjalanan, biaya untuk masuk pulau ini hanya dengan 10.000 rupiah.

15. Pantai Ketang Kalianda

Dengan jarak dari Kalianda hanya memakan waktu 10 menit, namun dari pusat kota Bandar Lampung, memakan waktu 2 jam perjalanan, Pantai Ketang menjadi favorit masyarakat Kalianda untuk berekreasi.

Banyaknya batu karang di pinggir pantai dan pasir putih menjadi daya tarik utama pantai Ketang ini. Untuk harga tiket masuk, pengunjung bisa naik delman dengan harga Rp. 10.000 per orang. Masuk pantai nya tidak dipungut biaya.

Karena ombak yang tidak tinggi, Pantai Ketang ini selalu ramai pengunjung karena pemandangannya yang indah dengan dihiasi pasir putih dan udara yang sejuk.

16. Pantai Pasir Putih

wahana pantai pasir putih lampung
lautkita.org

Pantai pasir putih adalah salah satu andalan kota Lampung untuk memanjakan traveler di Indonesia. Hamparan pasir putih yang luas dengan air laut yang masih sangat biru terang. Dengan jarak yang hanya memakan waktu 30 menit dari pusat kota, Pantai Pasir Putih menjadi favorit karena akses nya yang mudah dan dekat.

Deretan pohon rimbun yang lebat menambah kesan eksotis bagi pantai ini. Kalian juga bisa lakukan snorkeling di pantai lalu menikmati terumbu karang yang indah disana. Selain snorkeling, kalian juga bisa mencoba beberapa olahraga air, lalu mencoba surfing kalau ingin menantang adrenalin.

Kalian cukup mengeluarkan Rp. 20.000 untuk tiket masuk dan biaya naik perahu sekitar Rp. 150.000 untuk per 10 orang. Murah bukan?

17. Pantai Alau-Alau

Menyediakan resort, pantai ini terletak di Way Urang, Kalianda, Lampung Selatan pantai ini terbilang cukup dekat dari Bandar Lampung, dengan hanya memakan waktu 1,5 jam. Harga tiket masuk kisaran Rp. 30.000

Cocok untuk yang sedang ingin bulan madu karena pantai ini memang khusus menyediakan resort dan cottage modern yang langsung dihadapkan dengan hamparan laut biru dan pasir putih yang luas.

18. Dermaga Bom Kuliner Kalianda

Menikmati kuliner dengan suasana pantai dan sunset yang indah, disini bisa ditemukan. Berlokasi dekat dengan kantor Pemerintahan Lampung, destinasi kuliner satu ini benar-benar diminati oleh warga Kalianda itu sendiri.

Pilihan makanan khas Kalianda berbagai macam tersedia, begitu pula dengan jajanan umum seperti batagor, siomay, dan bakso juga tersedia.

Dengan spot foto selfie yang umum digunakan remaja Kalianda untuk menikmati waktu luang mereka.

19. Pantai Sebalang

Terletak di Tarahan, Kecamatan Ketibung, Lampung Selatan. Hanya menempuh 45 menit dari Bandar Lampung pantai ini kembali terasa alami karena sudah tidak dikelola. Untuk masuk pantai ini gratis.

Banyak anak muda sana datang ke pantai ini untuk menikmati sunset yang menawan berwarna jingga di ufuk langit sore. Serta befoto dengan latar pohon Mangrove yang sangat fotogenik untuk diabadikan.

20. Menara Siger

foto menara siger lampung

Tempat wisata di Lampung Selatan yang terakhir, Menara Siger.

Menara Siger Menjadi simbol ikonik kota Lampung Selatan, menara ini berdiri setinggi 110 meter didepan Pelabuhan Bakauheni. Berbentuk unik dengan 9 menara kerucut yang berderet memanjang dan pucuknya juga berjumlah Sembilan.

Menara ini sudah terlihat ketika kita turun di Pelabuhan Bakauheni dari kejauhan, mendadakan bahwa kita sudah sampai di kota Lampung.

infolpg Temukan informasi seputar Lampung. Inspirasi Wisata, Bisnis, Kesehatan & Kuliner di https://infolpg.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *