Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan

| |

Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan
5 (100%) 10 votes

Infolpg.com – Eksotisme alam lampung menjadikan daya tarik yang begitu besar bagi setiap pengunjung yang mencari ketenangan alam yang indah dan asri.

Tidak hanya menyuguhkan wisata yang itu-itu saja, Lampung menawarkan sejuta janji keindahan wisata yang pasti terbayar lunas bagi siapa yang singgah, sebut saja Pulau Mengkudu Lampung Selatan.

Di Lampung Selatan pesona itu terpancar dari salah satu pulau yang belakangan ini sedang populer baik itu di Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya. Tak sepahit seperti namanya Pulau Mengkudu ini justru memiliki keindahan yang luar biasa.

Asal Usul Wisata Pulau Mengkudu

trip pulau mengkudu
instagram.com/genpilamsel

Jika di tengok kebelakang, wisata pulau mengkudu ini mulai populer pada tahun 2015 saat banyak pengunjung yang mengabadikan foto tentang keindahan pulau ini.

Asal muasal penamaan pulau mengkudu sendiri karena di latar belakangi banyak pohon mengkudu yang awalnya daerah ini masuk ke wilayah desa Batu Balak.  Tetapi saat ini menurut masyarakat sekitar pohon mengkudu yang menjadi nama dari pulau tersebut saat ini jumlahnya sudah berkurang.

Selain karena pasir timbulnya, keunikan lain dari pulau mengkudu adalah kondisi air lautnya yang masih jernih biru dan indah.

Sehingga pengunjung bisa menyelam dan berenang di bibir pantai dengan ombak yang cukup bersahabat. Untuk yang sekedar ingin berjalan-jalan di pinggir pantai juga sangat recomended karena bebatuan yang ada di pantai akan memberikan sentuhan refleksi alami bagi kesehatan pengunjung.

Lihat juga:  Pantai Tapak Kera, Surga Kecil yang Tersembunyi

Lokasi Wisata Pulau Mengkudu

tiket masuk pulau mengkudu
instagram.com/bhimawibawa

Lokasi wisata pulau mengkudu ini Letaknya di Desa Totoharjo, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, wisata ini sukses jadi perburuan traveller yang mencari spot indah dan unik di Lampung.

Lokasi Pulau Mengkudu

Untuk trip ke Pulau mengkudu sebenarnya tidak begitu jauh dari wisata batu lapis. Untuk sampai ke lokasi wisata tersebut pengunjung dapat menggunakan alat transportasi seperti mobil, motor ataupun kendaraan pribadi.

Kemudian pengunjung hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja dari pelabuhan Bakauheni dan pengunjung yang dari Kota Kalianda membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Atau mungkin jika ada pengunjung dari luar Lampung yang menggunakan jasa pesawat terbang dan singgah di Bandara Radin Inten II dari Bandar Lampung bisa menggunakan taksi, travel, atau moda transportasi lainnya ke arah pantai pesisir Kalianda sekitar 2,5 jam saja.

Opsi berikutnya jika pengunjung tidak ingin repot-repot di perjalan darat, bisa menyewa perahu seharga 30 ribu untuk satu orang dari Pesisir Lampung Selatan.

Lihat juga:  Wisata Lampung Walk Liburan Asik Bersama Keluarga

Yang Unik di Pulau Mengkudu

Keunikan pulau mengkudu adalah pasir timbulnya yang hits. Pasir di pulau mengkudu ini akan timbul pada saat pantai dalam kondisi surut.

Ketika pengunjung berjalan seolah-olah sedang dipijat-pijat dan refleksi tentu saja hal ini bagus terlebih setelah bergulat dengan kondisi perkotaan yang padat dan sibuk.

Jadi jika pengunjung ingin menyaksikan sebuah pertunjukan alam yang maha indah ini bisa disesuaikan dengan cuaca yang ada.

Selain itu juga karena posisinya tidak begitu jauh dengan wisata batu lapis yang hanya beberapa kilometer saja sehingga bisa ditempuh keduanya hanya dengan perahu.

Spot menarik lainnya adalah karena Pulau Mengkudu ini merupakan salah satu gugusan pulau yang ada di teluk Lampung, maka kita akan menemui salah satu bukit yang menjadi spot menarik untuk diambil foto.

Bahkan pengunjung juga bisa menaiki bukit tersebut. Diatas pengunjung akan melihat potret keindahan alam ciptaan yang Maha Kuasa di Bumi Lampung ini. Disitu pengunjung bisa mengambil gambar untuk diabadikan. Tetapi harus tetap jaga kebersihan dan keselamatan tentunya.

Lihat juga:  Wisata Pantai Kedu & Misteri Kapal Terdampar di Kalianda 

Harga Tiket Masuk  Wisata Pulau Mengkudu

Nah, karena sekarang pulau mengkudu sudah populer maka dalam hal tata kelola sudah jauh lebih baik.

Untuk menikmati keindahan wisata yang satu ini pengunjung dapat dikenakan tarif tiket masuk pulau mengkudu  sebesar Rp 10.000 rupiah saja.

Untuk harga sewa perahu tarif terpisah jadi pengunjung harus menyiapkan uang lagi untuk sewa perahu.

Tapi tenang saja keindahan akan sebanding dengan perjuangannya. Luas pulau yang hanya sekitar dua hektar saja. Namun untuk fasilitas sudah cukup memadai seperti warung dan jasa penyewaan untuk keperluan snorkling.

Jadi demikian ulasan tentang Pulau Mengkudu. Semoga menjadi referensi untuk dijadikan daftar destinasi wisata baru anda saat singgah di Lampung.

Previous

Pantai Laguna, Surga Kecil  Dari Kalianda

Museum Lampung, Wisata Edukasi Yang Kaya Akan Sejarah dan Budaya

Next

Leave a Comment