Museum Lampung, Wisata Edukasi Yang Kaya Akan Sejarah dan Budaya

| |

Museum Lampung, Wisata Edukasi Yang Kaya Akan Sejarah dan Budaya
5 (100%) 13 votes

Infolpg.com – Setiap daerah yang ada di Indonesia pasti memiliki historis dan budayanya masing-masing. Keberagaman budaya inilah yang harus kita jaga dan lestarikan. Wisata Museum Lampung bisa anda jadikan untuk mengingat tempat dimana benda-benda yang menjadi simbol sejarah daerah Lampung tersebut disimpan.

Jalan-jalan ke Lampung belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi tempat yang mengenalkan pada historis, nilai-nilai, dan budayanya.

Begitu juga dengan masyarakat Lampung, belum lengkap juga rasanya jika belum pernah mengunjungi salah satu tempat yang bersejarah bagi Bumi Ruwa Jurai ini.

Tempat Sejarah Museum Lampung

benda bersejarah di museum lampung
www.tribunnews.com

Museum ini dikenal dengan nama Museum Negeri Lampung “Ruwa Jurai” atau Museum Lampung. Di tempat ini banyak tersimpan benda-benda yang menjadi sejarah dan memiliki nilai yang luhur bagi masyarakat Lampung.

Oleh karena tidak sedikit rombongan pelajar yang datang baik dari Lampung atau pun dari luar Lampung untuk belajar dan mengenali sejarah dan budaya Lampung di Museum Lampung ini.

Lihat juga: Wisata Pantai Kedu & Misteri Kapal Terdampar di Kalianda

Lokasi Museum Lampung

Lokasi Museum Lampung sendiri terletak di pusat kota Bandar Lampung. Tepatnya di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Nomor 64, Gedung Meneng, Kota Bandar Lampung, Provinsi Lampung.

Lokasi Museum Lampung berada di pusat kota jadi akses menuju ke Museum Lampung sangat mudah untuk dijangkau.

Jadi jika kita lewat dari terminal Rajabasa ke arah Tanjung Karang atau teluk pasti melewati. Dan Museum Lampung ada di sebelah kiri jalan.

Lihat juga:  Wisata Lampung Walk Liburan Asik Bersama Keluarga

Lokasi Museum Lampung

Untuk akses menuju Museum Lampung, jika kita dari Terminal Rajabasa, kita tinggal naik angkot arah Tanjung Karang, cukup sekitar 400 meter saja sudah sampai.

Nah jika diukur dari jarak tempuh, dari Bandara Radin Inten II kira-kira sekitar 20 kilometer, sedangkan dari pelabuhan penyebrangan Bakauheni sekitar 90 kilometer atau 2,5 jam waktu perjalanan.

Atau jika kita dari Stasiun Tanjung Karang, kita tinggal naik an

gkot sekali saja dari Pasar Ramayana ke arah Rajabasa.

Lihat juga:  Krakatau Kahai Beach Pantai Dengan Sejuta Wisata 

Koleksi Benda Bersejarah di Museum Lampung

Tentu yang menjadi pertanyaan utama adalah apa saja yang ada di dalam Museum Lampung. Nah di Museum Lampung memang banyak akan benda-benda yang bersejarah.

Baru sampai depan saja pengunjung  sudah disambut dengan sebuah meriam yang masih berdiri gagah di depan museum. Meriam ini juga menjadi salah satu ikon Museum Lampung.

Di Museum juga terdapat sebuah replika rumah panggung yang menjadi identitas rumah adat masyarakat Lampung. Dan juga terdapat Bola besi yang sangat besar yang digunakan untuk membuka lahan transmigrasi pada tahun 1953.

Museum ini sendiri terdiri dari dua lantai. Dimana lantai pertama berisi benda-benda bersejarah sedangkan di lantai kedua berisikan benda-benda kebudayaan Lampung.

Dan tentunya masih banyak lagi koleksi-koleksi yang ada di Museum Lampung ini.

Jadwal Buka/Operasional Museum Lampung

Sangat penting juga bagi pengunjung yang hendak datang ke Museum untuk mengetahui jadwal buka Museum Lampung. Supaya agar perjalanan kita yang jauh-jauh tidak sia-sia. Atau sudah jauh-jauh datang malah tutup.

Museum Lampung ini dibuka setiap hari, tetapi akan tutup pada hari senin dan juga hari libur nasional.

Jam operasional museum hari selasa sd kamis pukul 08.00 sampai pukul 13.30. Jumat pukul 08.00 sampai dengan 10.30.

Dan untuk hari Sabtu dan Minggu dibuka dari pukul 08.00 sampai dengan pukul 14.00.

Harga Tiket Masuk Museum Lampung

Mungkin kalian ada yang bertanya berapa harga tiket masuk ke Museum Lampung. Tenang aja, tiketnya tidak terlalu mahal kok. Apalagi jika kalian datang dengan rombongan pasti jauh lebih rumah dan bisa belajar tentang sejarah dan budaya Lampung bersama-sama.

Pertama adalah tiket untuk perorangan. Untuk anak-anak sebesar Rp 500 rupiah dan Dewasa Rp 4000 rupiah untuk sekali masuk.

Sedangkan tiket rombongan. Untuk anak-anak sebesar Rp 500 rupiah dan Dewasa Rp 1000 rupiah  untuk sekali masuk.

Nah bagaimana tidak mahal bukan? Jadi dengan harga tiket yang terjangkau kita sudah bisa menikmati wisata edukasi tentang sejarah dan budaya Lampung.

Jadi demikian ulasan singkat tentang Museum Lampung. Semoga menjadi referensi destinasi wisata saat berkunjung ke Bandar Lampung.

Previous

Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan

Wisata Pantai Kedu & Misteri Kapal Terdampar di Kalianda

Next

2 thoughts on “Museum Lampung, Wisata Edukasi Yang Kaya Akan Sejarah dan Budaya”

Leave a Comment