Robi jajajjaja

Wisata Pantai Kedu & Misteri Kapal Terdampar di Kalianda

2 min read

tiket masuk pantai kedu kalianda

Infolpg.com – Bagi sebagian traveller, Kalianda mungkin bisa jadi rekomendasi dalam list destinasi wisatanya. Berbicara tentang keindahan memang tidak akan pernah ada habisnya.

Kalianda yang merupakan  Ibu Kota Kabupaten di Lampung Selatan ini memiliki garis pantai yang cukup panjang. Landscape alam bertabur dengan sentuhan manusia yang menjadikan alamnya begitu harmoni memanjakan mata siapa saja yang memandangnya.

Sejarah Pantai Kedu Dahulu dan Kini

tentang wisata pantai kedu
TravelingYuk.com

Sejarah Pantai Kedu Kalianda Lampung Selatan, Dahulu pantai ini terlihat kumuh karena bekas tempat pembuangan sampah. namun setelah pemerintah dan warga bergotong royong membersihkan lokasi pantai yang memang memiliki potensi ini, akhirnya pantai kedu disulap menjadi pantai yang memiliki keindahan dan memiliki daya tarik yang luar biasa.  

Kondisinya yang nyaman dan jauh lebih bersih, saat ini Pantai Kedu dapat dinikmati oleh warga baik penduduk asli maupun dari pengunjung yang datang dari luar kota.

Pengunjung yang datang bisa menikmati pantai Kedu baik sekedar bermain air laut, berfoto bersama keluarga, dan juga mandi di Laut.

Bahkan warga sekitar pada saat cuaca cerah dan air laut surut biasanya mereka menikmati pantai dengan bermain bola pantai.

Kemudian yang menjadi ciri khas unik dari pantai kedua adalah ada sebuah danau yang dikelilingi oleh pepohonan sehingga membentuk pemandangan yang unik untuk menjadi latar selfi ataupun foto bersama.

Disana juga terdapat sebuah papan nama pantai kedu dan bunga berbentuk Love yang sangat instagramable.

Lihat juga:  Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan

Lokasi Pantai Kedu Kalianda

Kali ini kita akan mengulas salah satu pantai yang lagi hits di Lampung. Tepatnya di daerah Sinar Laut, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung.

Jika ditempuh dari pusat pemerintahan di Kabupaten lokasi pantai ini hanya butuh waktu sekitar lima menit saja sudah sampai.

Jika pengunjung dari arah Bandar Lampung tinggal belok kanan saja masuk melalui jalan Zainal Abidin Pagar Alam depan Pemda Lampung Selatan kemudian akan ada papan penunjuk arah.

Sedangkan bagi pengunjung yang datang dari arah  Bakauheni, pengunjung bisa belok kiri dan masuk dari jalan depan Masjid Agung Lampung Selatan. Mengikuti jalan dan hanya lima sampai sepuluh menit menuju pantai kedu.

Lihat juga: Krakatau Kahai Beach Pantai Dengan Sejuta Wisata

Yang Unik di Pantai Kedu

kapal terdampar di pantai kedu kalianda
krakatoanews.blogspot.com

Pantai kedu populer karena keunikannya yang menghadap ke arah barat. Hal ini menjadikan posisi pantai yang satu ini sangat cocok untuk melihat sunset di Bumi Khagom Mufakat ini. Tidak hanya itu.

Pantai ini dihiasi oleh gugusan pulau Krakatau dan tampak elok pemandangan gunung Rajabasa yang memang seolah-olah menampakan dirinya diatas air laut.  

Di pagi hari matahari seolah menampakan diri di balik gunung Rajabasa, sedangkan disore hari akan nampak indah sunset di ufuk barat.

Jadi pantai kedu memang memiliki posisi yang pas sehingga keindahan alamnya bisa dinikmati kapan saja. Satu lagi yang menjadi ciri khas unik dari pantai kedu adalah ada satu bangkai kapal terdampar yang hingga saat ini masih ada di pantai kedu.

Banyak versi yang menceritakan asal muasal kapal tersebut bisa terdampar. Namun justru keberadaan kapal tersebut dapat menambah keunikan tersendiri bagi pengunjung yang hendak mencari sensasi berbeda dalam berfoto.

Lihat juga: Pantai Pasir Putih Lampung,  Eksotis Karena Pasirnya

Harga Tiket Masuk Pantai Kedu

Jenis TiketHarga
Masuk Pantai
Kendaraan roda 2Rp. 2.000
Kendaraan roda 4Rp. 5.000
Pakai DelmanRp. 10.000

Harga tiket masuk pantai kedu, biasanya pengunjung akan dikenakan tarif Rp 2.000 rupiah untuk kendaraan motor dan dikenakan tarif Rp 5.000 rupiah untuk kendaraan roda empat. Untuk masuk ke area pantainya sendiri tidak dipungut biaya apapun.

Namun pengunjung harus tetap memperhatikan kebersihan dan kenyaman area pantai. Kemudian jika pengunjung ingin menikmati pantai kedu ini dengan menggunakan delman, pengunjung akan dikenakan tarif sekitar Rp. 10.000 rupiah saja perorang.

Lihat juga:  Pantai Laguna, Surga Kecil  Dari Kalianda

Fasilitas Pendukung di Pantai Kedu

Pengunjung sudah  bisa menikmati keindahan garis pantai kedu dari atas delman.  Disana juga tersedia fasilitas ATV dan Hammock yang bisa disewakan kepada pengunjung.

Selain itu jika pengunjung merasa haus dan lapar jangan khawatir karena di sepanjang pantai terdapat penjual yang menjual kuliner tradisional, minuman, dan macam-macam seafood.

Jadi pantai Kedu sangat recomended banget untuk kalian yang sedang mencari destinasi wisata pantai di Lampung Selatan.

Robi jajajjaja