dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Megahnya Islamic Center Tulang Bawang Barat yang Terkenal Hingga Italy

2 min read

islamic center tulang bawang barat

Islamic Center Tulang Bawang Barat – Memiliki desain yang unik tanpa kubah serta interior yang berbeda dari Islamic Center lainnya, menjadikan Islamic Center Tulang Bawang Barat merupakan salah satu yang termegah di Lampung.

Sebagai komplek kegiatan keagamaan yang memiliki nama “Komplek Dunia Akhirat” ini sering didatangani oleh wisatawan domestik serta dari luar daerah. Apa saja kemegahan salah satu tempat wisata di Tulang Bawang Barat ini? Berikut InfoLpg.Com akan memberikan informasinya untuk anda.

Lokasi Islamic Center Tuba Barat

Islamic Center Tulang Bawang Barat terletak di Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Kabupaten Tulang Bawang Barat (TUBABA)

Untuk menuju tempat ini jika dari Bandar Lampung membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi. Lokasi yang lumayan jauh jika diakses menggunakan motor namun tidak akan terasa lelah ketika sudah sampai tempat.

Wisata di Islamic Center Tuba Barat

Ketika anda berkunjung ke Islamic Center di kabupaten Tulang Bawang Barat ini maka akan melihat banyak bangungan seperti Masjid Agung, Rumah Adat serta pemandangan danau buatan yang indah.

Tempat ini diresmikan oleh Bapak Menteri Agama Lukman Hakim di tahun 2016. Disana berdiri Masjid Agung Baitu Sobhur yang memiliki desain unik. Selengkapnya berikut ini.

  1. Masjid Agung Baitu Sobhur (Masjid Asmaul Husna)

Sebenarnya lebih dikenal dengan Masjid 99 Cahaya atau Masjid Asmaul Husna, masjid ini memiliki desain arsitektur yang sangat berbeda dari kebanyakan Masjid di Indonesia bahkan dunia.

Sebab masjid ini dibuat secara vertikal dan tidak memiliki menara dan kubah diatasnya. Arti nama Masjid Baitu Shobur sendiri yaitu “Tempat Orang Yang Sabar”. Selain itu ada filosofi tersendiri dari masjid 99 cahaya ini, yaitu:

  • Memiliki ukuran 34×34 meter diambil dari banyaknya jumlah sujud ketika menjalankan Sholat Wajib dalam Umat Islam.
  • Ditopang dengan 114 pilar dari beton merupakan lambang banyaknya surat dari kitab suci Al-Qur’an.
  • Sedangkan kubah yang tidak ada pada masjid ini tentu memiliki makna tersendiri. Jika kebanyakan masjid umumnya memiliki kubah yang berbentuk bulat, maka di Masjid Asmaul Husna ini dibentuk persegi lima. Artinya melambangkan sholat wajib yang jumlahnya lima.
  • Kemudian masjid ini mempunyai tinggi 30 meter yang memiliki arti bahwa Juz dalam Al-Qur’an ada 30 Juz.

Keunikan lain dari dalam masjid adalah terdapatnya 99 lubang cahaya yang menerangi masjid dan akan berubah sesuai dengan perputaran bumi mengelilingi matahari, ini juga sering disebut dengan Kubah Cahaya 99 Asmaul Husna.

Didalam masjid selain dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan ibadah, juga sering dijadikan tempat foto selfie, hunting foto hingga foto prewedding.

Banyak pengunjung yang kesana penasaran karena ingin melihat keindahan desain arsitektur dari masjid ini. Bahkan karena sangat megahnya, sang arsitektur masjid Bapak Isandra Matin Ahmad mendapatkan penghargaan tertinggi yaitu “Venice biennale architectur” di Venice Italy.

  1. Sesat Agung Bumi Gayo

sesat agung bumi gayo islamic center tubaba
via: https://dreamfile.wordpress.com/

Anda dapat melihat rumah adat Lampung di sekitar Masjid di Islamic Center Tuba Barat ini. Terletak disebelah Masjid Agung, nama rumah adat Lampung ini bernama “Sesat Agung Bumi Gayo”

Dibangun dengan desain yang berbeda yaitu menggabungkan empat rumah besar yang memiliki makna Empat Marga Besar yang ada di Tulang Bawang. Empat rumah besar tadi menaungi Lima Rumah Besar yang ada didalamnya, hal tersebut memiliki arti bahwa “Menaungi Transmigrasi dari Lima Pulau Besar di Indonesia, Bersatu dan Berbaur menjadi Satu Atap Bersama”.

  1. Danau Indah dengan Jutaan Ikan Hias

Disekitar komplek masjid terdapat danau buatan yang tak kalah mempesona untuk anda yang berkunjung kesana. Danau ini sangat luas karena terbentang panjang di halaman Islamic Center.

Pada saat memasuki halaman maka danau tersebut sudah terlihat. Didalam danau diberi ikan-ikan hias yang cantik yang siap diberi makan oleh pengunjung. Anda dapat memberi makan ikan-ikan tersebu dengan cukup membayar Rp. 5.000 saja.

  1. Taman Santai

Terdapat sebuah taman indah yang bisa digunakan untuk bersantai atau sekedar foto selfie. Anda juga dapat berfoto-foto dengan background batu-batu yang disusun rapi, atau pohon-pohon kecil yang seperti hutan rimbun.

Demikian tadi informasi tentang Islamic Center di Tulang Bawang Barat yang sangat megah dan sudah terkenal hingga ke Italy. Semoga dapat menjadi referensi wisata anda di akhir pekan bersama keluarga. Selamat berlibur.

dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *