6 Oleh-Oleh Khas Lampung Yang Wajib Kamu Beli

Home » Kuliner » 6 Oleh-Oleh Khas Lampung Yang Wajib Kamu Beli

3 min read

pie pisang oleh oleh khas lampung
6 Oleh-Oleh Khas Lampung Yang Wajib Kamu Beli
5 (100%) 11 votes

Oleh-Oleh Khas Lampung – Lampung memang sangat seru untuk dijadikan salah satu wilayah destinasi wisata. Potensi wisata yang menarik pada beberapa tempat di daerah Lampung membuat wisatawan penasaran untuk menjelajahinya.

Wisatawan yang datang berkunjung untuk sekedar mengisi liburan tidak hanya datang dari lokal, bahkan turis mancanegara memilih Lampung sebagai salah satu tempat destinasi yang menarik terutama wisata pantai Lampung. Nah, tentu saat kamu berlibur kurang afdol bukan kalau kamu pulang membawa tangan kosong?

Di Lampung, banyak sekali buah tangan yang tak boleh kamu lewatkan untuk sanak saudara di rumah. Berikut ini beberapa referensi oleh-oleh khas daerah Lampung yang wajib kamu ketahui:

  1. Keripik Pisang Lampung

keripik pisang aneka rasa lampung

Salah satu cemilan terbuat dari pisang ini sangat terkenal di daerah Lampung untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Pisang memang banyak ditanam di daerah Lampung, khas dari rasa dan tekstur pisang hasil perkebunan Lampung, membuat keripik pisang ini memiliki kesan tersendiri.

Cemilan ini memiliki rasa yang gurih dan renyah, serta memiliki banyak varian rasa seperti coklat, strawberry, melon, jagung bakar, moka, susu, balado, dan lain sebagainya. Untuk mendapatkan cemilan ini, bisa ditemui di sentral keripik Gang PU atau di pusat oleh-oleh lainnya yang banyak tersebar di daerah Lampung.

Kamu bisa membeli oleh-oleh keripik pisang ini dalam ukuran 250 gram, 300 gram, 500 gram, hingga 1 kg tergantung dari permintaan.

  1. Kopi Lampung

oleh oleh kopi lampung

Selain perkebunan pisang yang melimpah, Lampung juga terkenal sebagai pemasok kopi terbaik di Indonesia. Saat berkunjung ke Lampung, jangan sampai ketinggalan untuk membeli oleh-oleh yang satu ini. Jenis kopi yang paling terkenal yaitu kopi robusta.

Cita rasa dari kopi robusta lebih kuat dan tajam, tetapi rasanya tidak begitu asam dibandingkan kopi arabica. Salah satu merek kopi yang paling terkenal dan tertua di Lampung yaitu Kopi Cap Bola Dunia dan Kopi Ulu Belu, dengan aroma yang begitu wangi dan cita rasa kopinya yang sedikit gurih menjadikan kopi ini dicintai para penikmat kopi.

Kopi ini dapat dibeli dalam ukuran 250 gram dan 500 gram. Kopi ini sudah tersebar di daerah Lampung sehingga untuk mendapatkan kopi merek ini, kamu bisa membelinya di pusat-pusat perbelanjaan atau pusat oleh-oleh yang ada di daerah Lampung.

  1. Kain Tapis

oleh oleh tapis khas lampung

Kain tapis adalah kerajinan khas daerah Lampung. Bagi kamu yang mungkin ingin memberikan kenangan-kenangan kepada sanak saudara perempuan untuk disimpan, kain ini bisa menjadi salah satu buah tangan yang dapat diberikan.

Kain tapis sendiri merupakan pakaian wanita suku Lampung yang berbentuk kain sarung dan ditenun dengan sistem sulam menggunakan benang kapas dan dibuat motif flora, fauna yang didominasi benang perak dan emas. Kain ini memang khas masyarakat dari daerah Lampung.

Untuk pembuatan kain tapis ini dapat dilakukan dengan cara tradisional dan modern. Pembuatan kain tapis dengan cara tradisional dapat membutuhkan waktu berminggu-minggu melalui sulam sehingga untuk harga yang ditawarkan pun cukup menguras kantong, sedangkan pembuatan kain tapis dengan cara modern dapat membutuhkan waktu yang relatif singkat melalui bordir sehingga untuk harga yang ditawarkan masih terbilang sesuai dengan kualitas yang didapatkan.

Kamu bisa membeli kain tapis ini di toko kerajinan Lampung yang tersebar di beberapa daerah di Lampung khususnya Bandar Lampung.

  1. Sambal Lingkung 

oleh oleh sambal lingkung khas lampung

Sambal Lingkung ini memiliki bentuk yang mirip dengan abon, bahkan untuk teknik pembuatannya pun sama. Sambal ini terbuat dari ikan tenggiri yang diolah dengan gula,santan,kemiri, garam, daun salam, kencur, bawang merah, bawang putih, serai, dan rempah lainnya.

Sambal ini kaya akan omega 3 juga protein yang dihasilkan dari ikan tenggiri dan memiliki rasa yang gurih. Salah satu merek yang paling dikenal yaitu Sambal lingkung Lampung-Cap Pulau Bangka. Sambal ini memiliki ukuran 200 gram yang dikemas dalam toples dan memiliki jangka waktu kadaluarsa yang lama.

  1. Lempok Durian Lampung

lempok durian khas lampung

Sebenarnya, lempok durian ini mirip dengan dodol dan jenang. Tetapi untuk khusus di Lampung, Lempok yang terkenal ini terbuat dari durian. Untuk cara pembuatannya, daging durian dipisahkan dari isinya kemudian dicampur dengan garam dan gula secukupnya.

Pembuatan lempok ini membutuhkan waktu dan tenaga yang ekstra, waktu yang dibutuhkan sekitar 4 jam sambil terus diaduk hingga kenyal. Kamu bisa membeli oleh-oleh ini di pusat toko oleh-oleh makanan khas di daerah Teluk Betung, Bandar lampung dengan ukuran berat 200 gram dan dibandrol harga sekitar Rp 35.000,00 sampai Rp 40.000,00.

  1. Pie Pisang Lampung

pie pisang oleh oleh khas lampung

Nah, kalo untuk makanan olahan pisang satu ini adalah salah satu oleh-oleh kekinian yang ada di Lampung. Pie memiliki bentuk luar yang garing dan bagian dalam yang lembut dengan berbagai macam isian. Khususnya di Lampung, Pie ini memiliki bentuk seperti pisang sehingga masyarakat menyebutnya dengan Pie Pisang.

Tidak hanya bentuk luar yang seperti pisang, tetapi isian di dalamnya juga terbuat dari pisang yang sitambah susu kemudian diberi topping bermacam-macam yaitu almond, cokelat, oreo, dan keju. Salah satu penjual dan penemu pie pisang ini yaitu Yusi Asifaurini Akmal, seorang pemilik toko kue dan roti Yusi Akmal.

Nah, bagi kamu yang ingin membawa pie pisang ini sebagai oleh-oleh, kamu bisa datang ke toko kue dan roti Yusi Akmal atau di toko kue dan roti lainnya yang ada di Bandar Lampung.

Soal rasa, tidak perlu diragukan lagi. Pie pisang ini memiliki rasa yang sangat enak dengan bagian luar yang renyah tetapi bagian dalamnya sangat lembut. Pie pisang ini dibandrol harga Rp 5.000,00 sampai Rp 8.500,00 tergantung dari ukuran pie nya.

Beberapa referensi oleh-oleh khas Lampung tersebut sangatlah rekomendasi bagi kalian yang bingung memberikan buah tangan apa yang cocok untuk sanak saudara dan juga kerabat saat berkunjung ke Lampung.

Tak lupa, saat membeli oleh-oleh berupa makanan, pastikan bahwa makanan yang akan kamu beli tersebut aman dan tahan lama supaya dapat dinikmati ketika sampai di rumah.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *