13 Makanan khas Lampung ini Bikin Ngiler, Wajib coba

| |

Makanan Khas Lampung – Daerah Lampung selain terkenal dengan Gajah Lampung dan Kopi Lampungnya makanan khasnya juga sudah cukup terkenal.

Rasanya belum lengkap kalau berkunjung ke Lampung belum mencicipi makanan khas Lampung. Nah, berikut ini saya akan memeberikan beberapa referensi makanan khas Lampung yang harus kalian coba.

1.Tempoyak, makanan asli Lampung

tempoyak makanan khas lampung

Hallo, apakah anda menyukai makanan olahan dari durian? Jika ia, maka anda wajib mencoba makanan khas kota lampung yang satu ini. Tempoyak merupakan hidangan yang berasal dari olahan buah durian yang difermentasi.

Biasanya, kuliner khas lampung yang juga popular di daerah sumatera selatan ini dikonsumsi bersama nasi dan jarang dimakan secara langsung.

Time needed: 15 minutes.

Cara membuat tempoyak khas lampung

  1. Daging durian yang sudah matang di pisahkan dari bijinya


  2. Setelah itu, beri sedikit garam dan tambahkan irisan cabai rawit sesuai selera.

  3. Agar fermentasi menjadi lebih cepat simpan di tempat tertutup dengan suhu ruangan, tunggu 2 sampai 5 hari.

Rasanya tempoyak ini sedikit asam namun masih tersisa rasa manisnya. Biasanya tempoyak dijadikan bahan olahan sambal teri atau sambal terasi dan dimakan bersama ikan goreng.

Rasa khas dan aroma yang cukup tajam membuat Tempoyak menjadi pilihan campuran bumbu masakan khas bagi orang-orang Lampung. Untuk kamu yang gemar dengan masakan berasa asam, wajib hukumnya mencoba tempoyak!

Baca  6 Oleh-Oleh Khas Lampung Yang Wajib Kamu Beli

2. Seruit, sambal khas Lampung

seruit sambal khas lampung

Ini nih Primadona kuliner Lampung yang tidak boleh kamu lewatkan. Mengapa seruit jadi primadona di lampung ? sebab, Seruit merupakan makanan khas Lampung berupa ikan goreng atau bakar dengan bumbu tradisional.

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang sering di sajikan pada saat acara keluarga, perayaan hari besar, ataupun acara adat. Selain itu seruit juga sering di jadikan makanan pokok yang di konsumsi sehari-hari oleh masyarakat Lampung Pepadun.

Bahan seruit adalah ikan bakar yang dicampur dengan sambal terasi, tempoyak atau juga ada yang menambahkannya dengan mangga. Ikan yang digunakan untuk seruit yaitu ikan yang berasal dari sungai seperti ikan baung, ikan layis, ikan balide dan berbagai jenis ikan lainnya lagi. Sambal seruit ini lebih nikmat dimakan bersama lalapan.

Dijamin bikin nagih!

3. Keripik Pisang

keripik pisang lampung enak

Siapa yang tidak kenal dengan keripik pisang khas lampung? Camilan khas lampung ini selalu  menjadi pilihan karena rasanya yang enak dan renyah. Variasi rasanya juga beragam, mulai dari coklat,strawberry, keju ,melon,susu dan masih banyaak lagi.

4. Gagodoh, makanan mirip perkedel

Bagi kalian yang menyukai rasa manis, makanan satu ini sangat tepat menjadi pilihan untuk dicoba. Gagodoh atau Gaguduh merupakan makanan khas Lampung  bercita rasa manis, bentuknya menyerupai perkedel namun biasanya berbahan dasar pisang dan cempedak. Gagodoh paling nikmat disantap dengan teh atau kopi saat musim hujan.

Keripik pisang sering dijadikan oleh-oleh khas lampung untuk kerabat  saat berlibur ke kota Lampung. Jadi, jangan sampe lupa untuk tidak membeli keripik pisang jika berkunjung ke Lampung!

5. Kue segumpal

Kue khas lampung satu iini sangat mudah ditemui saat menjelang bulan Ramadhan. Kuliner asli asal Lampung ini berbahan dasar santan dan beras ketan. Umumnya makanan khas Lampung satu inii disajikan pada perayaan-perayaan adat dan juga sebagai menu berbuka puasa di bulan Ramadhan.

Baca  Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan

6. Benjak Enjak, Makanan acara adat Lampung

Makanan yang berasal dari campuran beras ketan , pisang raja yang sudah tua, serta santan dan gula. Benjak Enjak merupakan salah satu kudapan khas lampung yang cukup dinikmati.

Orang Lampung pesisir dan Lampung pepadun biasanya menyajikan Benjak Enjak untuk acara keluarga atau acara adat lainnya. Selain manis dan gurih, Benjak Enjak juga memiliki cukup banyak manfaat karena kandungan seratnya yang lumayan banyak.

7. Engkak ketan

Satu lagi nih, makanan dari lampung yang terbuat dari ketan sebagai bahan utamanya, gula pasir, telur,santan, mentega, dan susu kental ini dikenal sebagai jajanan khas daerah Lampung dan Palembang. Rasanya seperti Bolu gitu tapi dengan sedikit legit. Kamu wajib coba deh!

Itulah beberapa contoh makanan khas Lampung yang bias kalian coba selama berkunjung ke daerah Lampung.  Kuliner khas Lampung mana yang jadi Favorit-mu?

8. Pindang

masakan pindang lampung

Kali ini salah satu makanan khas dari kota Lampung yang wajib kamu cicipi adalah Pindang. Masyarakat Lampung sangat suka dengan olahan makanan yang terbuat dari ikan.

Pindang merupakan olahan dari beberapa jenis ikan seperti pindang patin, pindang baung, pindang bandeng, atau pindang ikan mas. Pindang biasanya disajikan dengan kuah yang berwarna kuning.

Pindang khas Lampung ini memiliki cita rasa yang khas dan unik yaitu rasa asam gurih. Dengan ditambah campuran daun kemangi dan nanas memberikan aroma yang sangat kuat dan segar. Ini tentunya akan menggugah selera makan kalian.

9. Gabing

Gabing adalah makanan yang menggunakan bahan utama batang kelapa yang masih muda. Batang kelapa muda ini di iris tipis-tipis, setelah itu direbus hingga lunak dengan di campur bumbu rempah sesuai dengan selera kalian. Gabing biasa dimasak dengan kuah, walaupun ada juga yang memasaknya tanpa kuah. Gabing juga bisa di campur dengan daging, jamur dan jenis lauk lainnya yang akan menambah kenikmatan makanan khas Lampung ini.

Baca  10 Tempat Wisata di Lampung Barat Yang Paling Asik

10. Umbu

Untuk kalian yang suka makanan pahit, kalian harus mencoba umbu. Umbu merupakan makanan yang menggunakan bahan utama rotan yang masih muda. Sebelumnya umbu direbus dulu sampai lunak. Setelah itu barulah umbu biasa diolah menjadi sayur oseng atau dinikmati sebagai lalapan. Sayangnya saat ini umbu sudah sangat jarang ditemui. Karena itu masyarakat asli Lampung saat ini membuat umbu hanya pada saat acara adat ataupun acara-acara penting lainnya.

11. Gulai Taboh

Gulai Taboh merupakan makanan olahan campuran antara kacang hijau, kacang tanah, kentang, rebung dan santan. Kadang ada juga yang ingin membuat dengan rasa yang berbeda, yaitu dengan menambahkan daun sirih dan terasi untuk di campurkan pada olahan tersebut. Hal ini lah yang membuat masakan ini memiliki cita rasa yang unik. Atau bisa juga ditambah dengan ikan atau udang.

11. Bakso Sony

Bakso merupakan salah satu makanan yang paling disenangi masyarakat Indonesia. Nah, kali ini ada bakso khas dari daerah Lampung yaitu bakso sony. Kalau ke Lampung kalian kudu, mesti dan wajib buat cobain bakso ini.

Rasanya belum afdol kalo ke Lampung belum nyobain bakso sony. Bakso ini sudah lumayan cukup terkenal di Lampung dan sudah memiliki beberapa cabang.

Yang khas dari bakso sony ini adalah teksturnya yang kenyal dan berserat karena terbuat dari daging sapi asli yang masih segar. Kuah dari bakso sony ini diberi tambahan lada hitam yang membuat rasanya gurih dan bikin ketagihan. Seporsi bakso sony ini dihargai mulai dari Rp15.000 sampai Rp25.000.

Previous

Pantai Mutun Lampung: Harga Tiket Masuk, Lokasi dan Fasilitas

7 Fakta Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur

Next

Leave a Comment