dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Pantai Guci Batu Kapal (Sejarah, Lokasi, Tiket, Objek Wisata)

Home » Wisata » Pantai Guci Batu Kapal (Sejarah, Lokasi, Tiket, Objek Wisata)

2 min read

sejarah pantai guci batu kapal
Pantai Guci Batu Kapal (Sejarah, Lokasi, Tiket, Objek Wisata)
5 (100%) 7 votes

Pantai Guci Batu Kapal – Menikmati keindahan pantai atau berenang di dalam laut bisa menghilangkan kejenuhan karena aktivitas sehari-hari. Selain itu berlibur di pantai bisa menghilangkan stress karena pekerjaan di kantor.

Untuk itu bagi anda yang ingin jalan-jalan diakhir pekan bisa mengunjungi Pantai Guci Batu Kapal. Pantai yang terletak di kaki Gunung Rajabasa ini telah ada sejak lama.

Menyimpan kisah tersendiri tentang asal usul nama pantainya, maka akan membuat anda paham bahwa pantai ini layak untuk dikunjungi. Seperti apa sejarah dari Pantai Guci Batu Kapal? Berikut ini informasi selengkapnya.

Sejarah Pantai Guci Batu Kapal

sejarah pantai guci batu kapal

Pantai ini memiliki sjearah yang sangat penting untuk masyarakat Lampung. Karena dari pantai ini kita bisa mengenang bahwa dahulu ada cerita tentang Si Pahit Lidah.

Diceritakan bahwa dulu Si Pahit Lidah adalah tokoh legenda yang memiliki kesaktian luar biasa hingga bisa merubah apa saja yang dikutuknya menjadi batu.

Hubungannya dengan nama pantai ini adalah, ketika itu ada kapal-kapal bangsa asing di zaman Majapahit yang dikutuk menjadi batu oleh Si Pahit Lidah.

Meskipun ini adalah sebuah mitos, namun untuk anda yang berkunjung kesana dan melihat batu karang yang paling besar, maka konon itu adalah kapal-kapal asing tadi. Batu karang yang besar tersebut adalah Kapal-kapal asing yang tidak disukai oleh Si Pahit Lidah sehingga dikutuk menjadi batu.

Kemudian ada orang yang menemukan Guci dikarang besar di Pantai Guci Batu Kapal, guci tersebut mitosnya adalah milik pedagang sebagaimana dicertakan bahwa dulu kawasan pantai adalah sebuah dermaga penghubung antara Pulau Jawa dan Sumatera. Oleh sebab itu pantai ini disebut dengan nama “Pantai Guci Batu Kapal”.

Lokasi Pantai Guci Batu Kapal

lokasi pantai guci batu kapal

Pantai Guci Batu Kapal terletak di Jalan Pesisir, Desa Maja, Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Untuk anda yang ingin menuju kesana bisa berangkat dari Bandar Lampung.

Rute perjalanan dari Bandar Lampung kemudian naik Bus arah ke Pelabuhan Bakauheni. Lalu berhenti di desa Maja dan dapat naik ojek menuju ke Pantai Guci Batu Kapal ini.

Tiket Masuk Pantai Guci Batu Kapal

Jenis TiketHarga
Per OrangRp. 10.000 – Rp. 30.000
Parkir MotorRp. 3.000
Parkir MobilRp. 5.000

Harga tiket untuk masuk ke Pantai Guci Batu Kapal ini sangat terjangkau. Anda cukup mengeluarkan uang Rp.30.000 per orang ditambah biaya parkir Rp. 3.000 untuk motor dan Rp. 5.000 untuk anda yang menggunakan mobil.

Objek Wisata Pantai Guci Batu Kapal

Daya tarik dari tempat wisata air ini adalah tempatnya yang terletak di kaki Gunung Rajabasa, sehingga tempat ini memperoleh pasukan air tawar bersih yang berlimpah. Anda dapat berenang di air laut, kemudian bisa menggunakan kamar mandi bilas yang sudah disediakan oleh pengelola.

Wahana lain yang berada disekitar pantai adalah berenang di laut menggunakan pelampung ban yang bisa disewa. Anda dapat menyewa ban dengan membayar sebesar Rp. 10.000 untuk ban kecil dan Rp. 15.000 untuk ban besar.

Untuk anda yang tidak suka berenang dapat menikmati pemandangan dengan latar belakang batu karang yang besar sebagai spot fotografi. Selain itu juga terdapat ayunan yang ada di area pantai.

Jika anda ingin mengunjungi Pantai Guci Batu Kapal, maka waktu terbaik adalah di sore hari sehingga untuk anda yang hobi fotografi dapat menemukan momen berburu sunset dalam bidikan kamera.

Objek Wisata Pantai Guci Batu Kapal
via: http://hasabizone.blogspot.com

Namun jika anda bisa datang di pagi hari maka bisa menikmati kesejukan disekitar pantai. Selain di pagi yang sejuk, juga belum banyak pengunjung lain datang ke tempat ini. Anda dapat sepuasnya bermain di pantai atau sekedar foto di bebatuan karang pantai yang menghadap ke kepulauan Krakatau.

Selain beberapa fasilitas diatas disana juga dapat menikmati fasilitas untuk beristirahat, kamar mandi, WC. Sedangkan untuk membeli oleh-oleh makanan tradisional juga banyak pedagang yang berjualan di sekitar pantai. Jika haus maka anda bisa menikmati es kelapa muda atau jika mengantuk dapat mencicipi kopi asli buatan warga pesisir Rajabasa di Kedai Kopi.

Demikianlah informasi tentang Pantai Guci Batu Kapal. Semoga bisa menambah referensi wisata liburan anda. Selamat berlibur.

0
dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *