5 Tempat Wisata di Tulang Bawang

| | ,

5 Tempat Wisata di Tulang Bawang
5 (100%) 7 vote[s]

Tempat Wisata di Tulang Bawang – Tulang Bawang adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang ternyata memiliki banyak tempat wisata yang terbilang dapat dijadikan sebagai tempat melepas penat dan refreshing bersama keluarga. Kami memiliki beberapa referensi untuk kalian yang sedang berkunjung atau ingin berlibur bersama keluarga di Kabupaten Tulang Bawang:

  1. Cakat Raya

wisata cakat raya di tulang bawang

Kawasan Cakat Raya merupakan kawasan yang berisikan bangunan adat dari beberapa suku, diantaranya rumah adat batak toba, rumah adat minang, rumah adat jogla, dan miniatur candi prambanan. Kawasan yang terletak di Jalan Lintas Sumatera, Menggala Timur, Kabupaten Tulang Bawang  ini dibangun di lahan seluas 3,5 hektar dan hanya berjarak 1 km dari Polres Tulang Bawang.

Orang-orang sekitar menyebut Kawasan Cakat Raya ini sebagai Taman Mini Tulang Bawang. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat menikmati panorama dan spot untuk berfoto yang sangat bagus. Kawasan ini dibuka selama 24 jam, jadi kalian dapat berkunjung ke tempat ini kapanpun kalian mau.

  1. Rawa Pitu

Di Kecamatan Menggala, Kabupaten Tulang Bawang terdapat kawasan konservasi bagi beragam jenis fauna yang dilindungi. Kawasan ini dinamai dengan Kawasan Rawa Pitu. Tidak hanya itu, di kawasan Rawa Pitu juga terdapat bentangan rawa yang luas sebagai tempat aktivitas migrasi burung-burung langka dari Australia yang hanya datang pada saat musim hujan.

Di tempat ini, kalian akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah dengan berbagai satwa-satwa liar di dalamnya. Tempat ini juga cocok untuk kalian yang menyukai seni fotografi alam dan satwa.  

  1. Wisata Air di Dente Teladas

wisata dente teladas

Wisata air di Kuala teladas ini dapat menjadi salah satu referensi wisata yang unik dan menarik untuk sekedar refreshing. Di tempat ini, kalian dapat berwisata ria sambil melihat-lihat perkampungan air. Nah, bagi kalian yang menyukai sekali aktifitas memancing, disini kalian dapat menyalurkan hobi tersebut sambil menggunakan getek atau sampan.

Wah, seru sekali bukan? Dijamin, kalian akan merasakan sensasi ketenangan alam yang dapat melepas kepenatan setelah melakukan aktivitas rutin sehari-hari.

  1. Kolam Renang Tirta Garden Banjar Margo 

wisata kolam renang tirta garden

Tempat wisata selanjutnya, ada wisata air yang semua kalangan dapat berkunjung ke tempat ini. Ya, tempat ini adalah sebuah kolam renang yang berada tidak jauh dari Pasar Unit 2, atau dengan menempuh jarak yang membutuhkan waktu sekitar ½ jam apabila menggunakan sepeda motor. Kolam renang Tirta Gareden ini memiliki fasilitas Waterboom yang cocok untuk tempat anak-anak bermain air.

Waterboom ini tepatnya beralamatkan di Jalan Lintas Timur, Unit 1, Kecamatan Banjar Margo, Kabupaten Tulang Bawang. Biasanya, setiap akhir pekan atau sewaktu liburan sekolah tempat ini menjadi ramai oleh warga sekitar yang datang untuk berlibur bersama keluarga.

  1. Tiyuh Toho (Desa Tua) Menggala 

wisata desa tua menggala

Kalian yang menyukai nilai-nilai sejarah serta kandungan budaya daerah wajib memasukkan tempat ini ke dalam salah satu destinasi tempat wisata bersejarah yang akan kalian datangi. Tiyuh Toho yang berasal dari bahasa Lampung memiliki arti Tiyuh (Desa) dan Toho (Tua) alias Desa Tua.

Sebenarnya, Tiyuh Toho (Desa Tua) ini merupakan kawasan Pagardewa dimana Pagardewa merupakan kawasan pertama yang ada di Tulang Bawang sebelum munculnya nama-nama desa lain. Ini dibuktikan dengan adanya makam-makam keramat yang mendiangnya telah menempati pagardewa sejak abad ke 5 dan ke 6 sesudah masehi berdasarkan catatan prasasti yang ada disana.

Kawasan ini masih terjaga keasriannya. Dari desa ini, kalian dapat melihat langsung aktivitas masyarakat setempat dari mulai rumah-rumah panggung yang usianya sudah mencapai 200 tahun, menikmati aliran sungai yang terletak di sisi kanan dan kiri desa ini, serta tetua adat yang ramah tamah.

Bila kalian seakin penasaran dengan tepat ini, tetua adat di kawasan ini, akan bercerita banyak terkait dengan silsilah kekerabatan, sejarah, kisah kerajaan hingga tata adat istiadat yang ada di daerah ini.

Baca  Mengulik Pantai Gigi Hiu Lampung, Surganya Fotografer
Previous

Wisata Pulau Tegal Mas Pesawaran Yang Mirip Lombok

Wisata Palem Indah Metro, Kolam Renang Yang Seru dan Eksis

Next

Leave a Comment