5 Fakta Wisata Danau Ranau Lampung Yang Wajib Anda Ketahui

| | ,

5 Fakta Wisata Danau Ranau Lampung Yang Wajib Anda Ketahui
5 (100%) 12 vote[s]

Infolpg.com – Untuk kalian yang ingin menikmati wisata alam yang dapat menyegarkan pikiran sekaligus memanjakan mata, berikut ada salah satu rekomendasi untuk kalian yaitu Wisata Danau Ranau.

Wisata air Danau Ranau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan setiap tahunnya, baik wisatawan lokal maupun luar daerah. Kira-kira apa saja yang menarik dari wisata Danau Ranau ini ya. Berikut ulasan nya untuk kalian yang akan berwisata ke Danau Ranau.

Danau Ranau merupakan Danau terbesar kedua di Sumatera setelah Danau Toba. Uniknya dari Danau ini adalah letaknya yang berada di antara dua provinsi, yaitu provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Lampung. Atau lebih tepat nya berada di perbatasan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU Selatan) dan Kabupaten Lampung Barat.

Pemandangan Sekitar Danau Ranau

foto di danau ranau lampung

Danau ini memiliki pemandangan Gunung Seminung di belakangnya dan juga di kelilingi oleh perbukitan dan lembah. Hal ini yang menjadikan Danau Ranau tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, namun udaranya juga yang segar.

Di sisi lain kaki Gunung Seminung terdapat sumber air panas yang berasal dari dasar danau. Dan di sekitar danau ini juga terdapat air terjun Subik. Selain keindahan alam yang di tawarkan dari Danau Ranau ini, kalian juga bisa melakukan aktivitas memancing di  pinggir danau.

Danau ini dihuni oleh berbagai macam jenis ikan tawar seperti, ikan mujair, ikan harongan, ikan kepiat dan ikan kepor. Sungguh paket wisata yang lengkap yang bisa kalian nikmati hanya cukup di satu tempat.

Baca  7 Fakta Taman Purbakala Pugung Raharjo Lampung Timur

Di tengah danau ini juga terdapat sebuah pulau kecil yang oleh penduduk setempat menyebutnya dengan nama Pulau Marisa. Pulau ini merupakan daerah persawahan milik warga sekitar dan terdapat pohon-pohon kelapa yang menjadi rumah bagi beberapa jenis hewan primata.

Harga Tiket Masuk Danau Ranau

Jenis TiketHarga
Sewa PerahuRp. 100.000-300.000

Kalian bisa sekedar mampir untuk menikmati keindahan alam di pulau Marisa. Untuk menjelajahi danau, kalian bisa menyewa sebuah perahu motor. Harga sewa baiasanya sekitar Rp100.000 – Rp300.000 tergantung hasil kesepakatan dengan pemilik perahu.

Lokasi Menuju Danau Ranau

Untuk perjalanan dari Bandar Lampung menuju Danau Ranau kurang lebih 6 – 7 jam, melalui Bukit Kemuning dan Liwa.

Sejarah Terbentuknya Danau Ranau

pemandangan danau ranau lampung

Danau Ranau terbentuk dari hasil proses alami melalui gempa dan ledakan vulkanik dari gunung berapai yang menciptakan cekungan besar. Sungai besar yang sebelumnya mengalir dari kaki gunung berapi itu kemudian menjadi sumber air utama yang mengisi cekungan itu, yang kemudian mengubahnya menjadi danau.

Di sekeliling danau ditumbuhi berbagai tumbuhan semak yang oleh warga sekitar disebut ranau. Maka danau itu pun dinamakan Danau Ranau. Sisa gunung api itu kini menjadi Gunung Seminung yang berdiri kokoh di tepi danau berair jernih tersebut.

Penginapan di Danau Ranau

Jenis TiketHarga
Kamar Biasa Sewa Permalam (2 orang)Rp. 250.000
CottageRp. 440.000

Untuk kalian yang ingin menikmati malam di Danau Ranau, disekitar danau sudah terdapat banyak penginapan. Salah satunya adalah wisma yang dikelola oleh PT. PUSRI yang terletak persis disebelah Danau Ranau.

Harga sewa permalamnya mulai dari Rp250.000 dengan kapasitas untuk 2 orang. Atau kalian juga bisa memilih kamar type cottage dengan harga Rp440.000 untuk dapat menikmati pemandangan langsung ke pinggir danau.

Baca  Pantai Tembakak Krui: Lokasi, Harga Tiket dan Rute Perjalanan

 

Previous

Menikmati Sunset di Wisata Pulau Condong Lampung Selatan

Mengunjungi Wisata Pulau Mahitam Pesawaran yang Eksotis

Next

Leave a Comment