Bendungan Way Rarem, Wisata di Lampung Utara yang Terkenal

| | ,

Bendungan Way Rarem – Berkunjung ke Kabupaten Lampung Utara maka tidak boleh ketinggalan untuk datang ke tempat wisata disana yaitu Bendungan Way Rarem. Wisata yang telah lama ada ini merupakan sebuah irigasi untuk mengairi lahan di sekitaran Tulang Bawang dan sekitarnya.

Apa yang menarik dari Bendungan Way Rarem? Dan bagaimana untuk menuju tempat wisata di Lampung Utara ini? Berikut ini informasinya untuk anda.

Sejarah Bendungan Way Rarem

Bendungan Way Rarem dibangun oleh pemerintah Lampung Utara. Memiliki jangkauan untuk mengaliri seluas 22.000 Hektar. Dengan luas bendungan sendiri 49,2 hektar serta ketinggian 59 meter merupakan bendungan terbesar di Lampung Utara.

Dengan adanya bendungan ini membantu untuk irigasi pada sektor perganian di sekitar Abung Timur, Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, dan juga Kotabumi.

Ciri khas dari lokasi tempat bendungan ini berada adalah terletak di perkampungan dan suasana alamnya masih sangat segar.

Di Tanggal 14 Juli 1984, Bendungan Way Rarem diresmikan oleh Presiden kedua Indonesia, yaitu Presiden Soeharto.

Lokasi Bendungan Way Rarem

Bendungan ini terletak di Desa Kurun, Kecamatan Abung Pekurun, Kabupaten Lampung Utara, Lampung. Untuk anda yang ingin bertandang kesana maka dapat melakukan perjalanan dari Pusat Kota Bandar Lampung dan langsung menuju ke arah Kotabumi. Untuk dapat sampai bendungan ini dapat menggunakan kendaraan umum atau pribadi. Seperti Damri, Puspa Jaya dan kendaraan umum lainnya.

Baca  Krakatau Kahai Beach Pantai Dengan Sejuta Wisata

Cukup banyak bus yang dari Bandar Lampung menuju Kotabumi dan sekitarnya. Jadi tidak perlu bingung untuk transportasi menuju bendungan ini.

Tiket Masuk Bendungan Way Rarem

Untuk masuk tempat wisata air di Lampung Utara ini anda tidak dikenakan biaya masuk. Hal ini mengingat dulu bendungan ini sempat dikelola dengan baik oleh pemerintah, namun semenjak banyak kejadian mistis dan menelan korban bendungan ini menjadi sepi pengunjung.

Fasilitas Bendungan Way Rarem

Dulu tempat ini sering dijadikan tempat pertunjukan dan sering didatangi oleh artis ibukota seperti Evie Tamala atau artis lainnya.

Namun saat ini banyak fasilitas yang rusak antara lain seperti permainan anak-anak dan pondok wisata yang dapat dipakai untuk berteduh yang sudah terbengkalai dan dibiarkan begitu saja. Hal ini juga terlihat ketika memasuki bendungan di pos jaga yang sudah rusak.

Dengan tidak dikelola kembali bendungan ini, maka saat ini ketika musim kemarau airnya berkurang. Namun ketika musim hujan pemandangan air yang dibendungan dapat mempesona siapapun yang datang melihatnya.

Suara air yang gemercik saling bersautan merupakan satu dari suara yang sering terdengar di sini. Suara tersebut akan menjadikan anda merasa tenang dan seolah berada di alam bebas.

gambar bendungan way rarem
via: http://hasabizone.blogspot.com

Bendungan yang jauh dari hiruk pikuk manusia akan membuat hati anda tentram dan nyaman menghabiskan waktu bersama keluarga dibendungan ini. Disana terdapat spesies ikan hias air tawar contohnya adalah Ikan Sumatera dan lainya.

Dulu ketika bendungan ini belum sepi terdapat taman yang indah yang terletak di depan bendungan. Bendungan megah yang terletak diantara dua kecamatan yakni Kecamatan Abung Tengah dan Kecamatan Abung Pekurun ini juga memiliki wahana bebek-bebekan dan sepedah air yang dapat disewa oleh pengunjung.

Baca  5 Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat paling Recommended

Anda juga dapat menaiki perahu nelayan untuk berkeliling di bendungan dengan perahu tersebut. Tentu saja harus mengeluarkan uang untuk sewa perahunya.

Namun dengan menaiki perahu maka akan terbayar dengan pemandangan yang indah dari atas perahu. Anda dapat melakukan foto selfie atau hunting foto ditempat ini.

Namun sekali lagi bahwa bendungan ini saat ini sepi dan kondisinya tidak terawat. Memang pernah berada di masa kejayaannya sekitar tahun 1980 hingga 1990an sebagai tempat wisata unggulan di Lampung.

Berbeda dengan Bendungan Batu Tegi yang berada di Tanggamus yang hingga saat ini masih terawat dengan baik walaupun disana juga merupakan salah satu tempat angker di Lampung tidak membuat bendungan itu sepi.

Jadi untuk anda yang sekedar ingin tahu wisata Bendungan di Lampung Utara ini dapat datang dan melihatnya agar terobati penasaran di pikiran.

Itulah informasi tentang Bendungan Way Rarem yang berada di Lampung Utara. Semoga dapat memberikan pencerahan atau informasi yang bermanfaat untuk anda. Selamat berlibur

Previous

Wisata Pulau Wayang Lampung, Raja Ampat Versi Mini

Pantai Labuhan Jukung Krui Pesisir Barat

Next

Leave a Comment