5 Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat paling Recommended

| | ,

5 Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat paling Recommended
5 (100%) 10 vote[s]

Tempat Wisata di Tulang Bawang Barat – Tulang Bawang Barat adalah sebuah kabupaten baru hasil dari pemekaran Kabupaten Tulang Bawang.

Sebagai pecahan dari kabupaten Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat diresmikan oleh Menteri Dalam Negeri Indonesia yaitu Bapak Mardiyanto pada 29 Oktober 2008.

Walaupun masih terbilang sebagai kabupaten muda, Tuba Barat (sebutan Tulang Bawang Barat) telah mengalami kemajuan yang signifikan. Terbukti dari banyaknya pembangunan didaerah ini. Seperti Kawasan Islamic Center Tulang Bawang Barat yang sudah terkenal ke Nasional bahkan sampai Italia.

Dari segi potensi tempat wisatanya, Tuba Barat memiliki beberapa destinasi wisata yang tak kalah menarik dari kabupaten lain di Provinsi Lampung. Apa saja destinasi tersebut? Ikuti terus pembahasan dibawah ini.

Islamic Center Tulang Bawang Barat

Terletak di Desa Pulung Kencana, Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulang Bawang Tengah (TBT), Islamic Center ini berdiri kokoh dan menjadi pusat wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan.

Banyak yang sudah mengetahui Islamic Center ini, karena selain desainnya yang mewah dan unik juga karena disana terdapat beberapa bangunan adat Lampung yang secara khas digabungkan dari 4 marga.

Pengunjung dapat menikmati bangunan dengan desain yang luar biasa hebat dari Masjid Islamic Center atau Masjid Asmaul Husna yang sebenarnya nama aslinya adalah Masjid Agung Baitu Sobhur.

Selain bangunan masjid yang tidak memiliki kubah bundar layaknya masjid pada umumnya, terdapat pula bangunan lain yaitu Rumah khas Adat Lampung “Sesat Agung Bumi Gayo”.

Baca  Ini 9 Hotel di Pringsewu Lampung Pilihan untuk Menginap

Ada juga danau buatan yang banyak ikannya, serta taman santai. Pengunjung dapat menikmati pemandangan ini sambil berfoto ria bersama keluarga atau pasangan. Tempat ini sangat instagramable untuk kaum mudah kekinian.

Taman Agro Wisata Tubaba

Bisa disebut sebagai ikon yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten Tuba Barat. Terletak di lokasi yang masih sama dengan Islamic Center yaitu di Desa Pulung Kencana. Taman Agrowisata ini dibangun dengan tujuan untuk wisata agro dan juga sebagai tempat penelitian budidaya tanaman buah unggul.

Disana banyak dibudidayakan tanaman dengan varietas unggul, selain itu telah dilengkapi dengan fasilitas pendukung agar wisatawan dapat menikmati suasana taman dengan nyaman.

Selain sebagai tempat wisata, Taman Agro juga sering dikunjungi oleh sekolah atapun instansi untuk melakukan penelitian sekaligus belajar dalam budidaya tanaman. Sehingga sangat cocok untuk pengunjung yang ingin mengenalkan tanaman kepada buah hatinya, berlibur sekaligus belajar tentang dunia tanaman dan buah-buahan.

Patung Relief Empat Marga Tuba Barat

Patung Relief Empat Marga Tuba Barat
via: lampung.tribunnews.com

Tidak jauh dari komplek Kantor Bupati Tulang Bawang Barat juga dibuat sebuah patung dengan empat relief. Ke empat relief tersebut merupakan penggambaran dari empat tokoh Megow Pak suku Lampung.

Adapun empat marga tersebut yaitu Marga Tegamoan, Marga Buay Bulan, Marga Buay Aji dan Marga Suwai Umpu. Patung yang terletak di jalan Provinsi ini sering dijadikan objek selfie dan juga destinasi ketika sedang melintasi jalan leter S yang merupakan jalan penghubung Kabupaten Tulang Bawang Barat dan Kabupaten Way Kanan.

Banyak wisatawan yang mampir atau sengaja berkunjung untuk sekedar berfoto bersama dan ada juga yang mengabadikan dengan membuat video menggunakan drone.

Patung-patung tersebut sangat indah jika diambil menggunakan kamera DSLR. Jadi sebelum kesana sebaiknya menyiapkan peralatan fotografi agar hasil yang didapat maksimal.

Baca  3 Tempat Wisata di Gisting Lampung yang Paling Asik

Patung Tugu Rato Nago Besanding Tuba Barat

Selain terdapat relief patung empat marga, di Tuba Barat juga dibangun sebuah ikon baru yakni Patung Tugu Rato Nago Besanding atau Patung Naga.

Adanya patung ini sebagai penggambaran keberanian dari dua ekor naga yang menarik pelana dan juga dikendarai oleh kusir. Dalam patung tersebut kereta ditumpangi oleh Pengantin Lampung.

Banyak wisatawan yang berfoto bersama Patung Naga dari berbagai daearah di Lampung. Karena selain memiliki keindahan desain yang berbeda, juga banyak nilai sejarah dari patung tersebut.

Jurang Seribu Tuba Barat

Masih terletak berdekatan dengan Relief Empat Marga dan Islamic Center Tuba Barat juga ada destinasi wisata yaitu Jurang Seribu. Tempat ini adalah hasil timbunan tanah yang membentuk jalan kesil untuk akses warga yang hendak ke kebun dan memancing.

Pada jalanan kecil tersebut merupakan titik spot untuk berfoto yang sangat menarik sebab pada sisi kanan dan kiri banyak ditumbuhi dengan ranting kayu sepang.

Ketika musim hujan, daun-daun kayu sepang akan tumbuh menghijau dan jalanan akan penuh dengan dedaunan. Sehingga sangat tepat sekali jika diabadikan dengan kamera smartphone untuk koleksi album Instagram.

Previous

Tempat Nongkrong di Metro Lampung yang Ramai Dikunjungi

Pulau Pisang Lampung, Ke Elokan Pantai Yang Mempesona di Pesisir Barat

Next

Leave a Comment