Air Terjun Way Lalaan Tempat Wisata Air di Kota Agung Lampung

| |

Kasih Bintang ya !

Air Terjun Way Lalaan – Berkunjung ke Kabupaten Tanggamus Lampung tidak asik kalau tidak merasakan mandi di Air Terjung Way lalaan. Yups, di Tanggamus juga ada air terjun, selain Pantai Gigi Hiu atau Bendungan Batu Tegi.

Terasa lengkap Wisata di Salah satu kabupaten Lampung ini. Dari wisata pantai, air terjun, pegunungan dan masih banyak tempat lainnya. Maka untuk kamu yang sedang di Lampung atau berlibur di Tanggamus tidak ada salahnya datang ke air terjun way lalaan.

Lokasi Air Terjun Way Lalaan

Way Lalaan Waterfall terletak di kaki gunung Tanggamus, memiliki bentuk tingkatan dengan setiap tingkat berjarak 200 meter dan jarak tumpahan dari tumpahan ke dasar sekitar 11 meter.

Berada di pekon Kampung Baru, Kecamatan Kota Agung, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Air terjun ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrata Kabupaten Tanggamus dan juga Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang memiliki anggota dari warga sekitar air terjun.

Untuk menuju tempat ini dari Bandar Lampung dapat menggunakan Bis jurusan Rajabasa-Kota Agung dan bisa berhenti didepan pintu masuknya. Berada disebelah kiri jalan sebelum masuk jalan komplek pemerintahan kabupaten Tanggamus. Disana ada sebuah gerbang yang bertuliskan “Selamat Datang di Air Terjung Way Lalaan.

Sejarah Air Terjun Way Lalaan

Air terjun ini sudah dikenal dari zaman pemerintahan kolonial Belanda yang sudah membangun tangga semen menuju lembah air terjun sekitar tahun 1937.

Baca  Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan

Tiket Masuk Air Terjung Way Lalaan Lampung

Jenis TiketHarga
Per OrangRp. 5.000
Parkir MotorRp. 5.000
Parkir MobilRp. 10.000

Untuk masuk wisata air terjun ini dikenakan biaya masuk per orang sebesar Rp. 5.000. Sedangkan parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 5.000 dan kendaraan roda empat Rp. 10.000.

Disana memiliki tempat parkir yang luas, dapat menampung kendaraan sekitar 20 lebih kendaraan roda empat. Sehingga tak perlu khawatir untuk tempat parkir.

Mitos Air Terjung Way Lalaan

mitos air terjun way lalaan
via: http://yopiefranz.com

Di Air terjun Way Lalaan memiliki beberapa mitos yaitu adanya Air Mata Bidadari. Jadi dari celah-celah bebatuan air terjun Way Lalaan ini terdapat air mata bidadari yang keluar. Kurang tahu ya bidadari mana namun untuk yang percaya membasuh dengan air ini dapat membuat bertambah ganteng atau cantik.

Penduduk sekitar banyak yang menceritakan tentang mitos ini. Namun kebenaran dan faktanya dapat menambah ganteng atau cantik kami juga tidak begitu paham.

Fasilitas Air Terjun Way Lalaan

Sebaiknya ketika akan mengunjungi salah satu air terjun di Lampung ini adalah disaat pagi hari hingga sore. Untuk mendapatkan kenyamanan maka sebaiknya berkunjung di hari kerja. Sehingga tidak ramai pengunjung.

Dengan mengunjungi disaat sepi, maka kamu akan mendengarkan suara deburan air yang jatuh dari air terjun setinggi kira-kira 11 meter ini. Dan jika sedang beruntung maka bisa mendengarkan satwa seperti siamang yang ada di pepohonan sekitar air terjun.

Disana kamu bisa berenang, namun jangan sampai melewati tali batas agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk mandi atau berenang maka bisa berada di pinggir air terjun.

Sedangkan untuk yang tidak bisa berenang tidak dianjurkan untuk masuk atau mandi diair terjun ini. Kamu juga bisa duduk-duduk santai menikmati keindahan alami air terjun, kesunyian alam yang bisa menenangkan hati dan pikiran yang lelah dengan urusan pekerjaan.

Baca  Pantai Tanjung Tuha, Pantai Eksotis di Lampung Selatan

Untuk tempat berteduh atau duduk kamu bisa memanfaatkan pondokan yang sudah dibangun oleh Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahrata Kabupaten Tanggamus. Atau dapat pula duduk diatas rerumputan agar merasakan suasana tenang air terjun.

Air Terjun Way Lalan ada Dua

Banyak orang tahunya air terjun Way Lalaan ini hanya ada satu. Tetapi sebenarnya terdapat dua air terjun Way Lalaan. Yang banyak diketahui orang adalah air terjun yang dekat dengan parkiran kendaraan. Lalu untuk air terjun satunya maka kamu harus melakukan jalan setapak dan melakukan trekking.

Kamu harus menyusuri sungai dan kebun-kebun durian dan manggis untuk sampai air terjun way lalaan kedua. Namun air terjun kedua ini memiliki ketinggian lebih tinggi dari pada air terjun way lalaan satu.

Untuk mengunjungi air terjung way lalaan kedua, maka sebaiknya meminta bantuan Guide dari Pokdarwis agar ditemani dan dipandu menuju kesana.

Previous

Muncak Teropong Laut Tempat yang Instagramable di Pesawaran Lampung

Ini 9 Hotel di Pringsewu Lampung Pilihan untuk Menginap

Next

Leave a Comment