dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Menulusuri Keindahan Pantai Karang Bebai Cukuh Balak Tanggamus

2 min read

pantai karang bebai cukuh balak

Pantai Karang Bebai Cukuh Balak – Sebagai salah satu tempat wisata di Tanggamus Lampung, pantai Karang Bebai merupakan pantai yang belum banyak dikenal masyarakat.

Berkunjung kesana maka akan merasakan suasana seperti mengunjungi Pantai Gigi Hiu. Karena terdapat batu karang yang berjejer sebagai pemandangan indah dan fotogenik.

Meskipun pantai ini belum terkenal seperti Gigi Hiu, namun keindahan pantainya tidak kalah dibandingkan dengan pantai di Lampung lainnya. Masih sangat alami dan membuat mata akan terpesona dibuatnya.

Bagaimana menuju kesana, serta berapa harga tiket masuk dan keindahan apa yang ditawarkan oleh pantai ini? Berikut ini ulasannya untuk anda.

Lokasi Pantai Karang Bebai

Pantai karang bebai berada di Pekon Tengor, Kecamatan Cukuh Balak, Tanggamus, Lampung. Untuk anda yang ingin kesana jika dari Bandar Lampung, maka jaraknya adalah kira-kira 90 kilometer, anda dapat menempuh perjalanan selama 3-4 jam.

Untuk akses kesana dapat dengan menempuh dengan melewati Jalan Way Ratai, atau dapat pula melalui Gedong Tataan. Agar lebih mudah dapat memilih dari Gedong Tataan dengan rutenya yaitu Bandar Lampung, lalu Gedong Tataan, Komplek Pemda Pesawaran, Cukuh Balak dan sampai Pantai Karang Bebai.

Sebaiknya menggunakan kendaran pribadi baik motor atau mobil. Sebab belum ada transportasi yang menuju tempat ini. Jalan disana juga belum dapat dilalui dengan baik, karena kondisinya yang belum diperbaiki.

Kondisi jalan yang belum mendukung ini menjadikan akses kesana lebih sulit karena harus melewati jalan dengan batu-batu terjal.

Jadi untuk anda yang ingin berkunjung kesana, sebaiknya menyiapkan kendaraan yang dalam kondisi sempurna. Sehinga tidak ada terjadi masalah di pertengahan jalan atau ketika melewati jalan-jalan disekitar pantai.

Selama perjalanan menuju kesana, jalan yang bakal dilalui banyak tanjakan dan turunan yang harus ekstra hati-hati agar tidak tergelincir. Anda juga akan melewati area hutan dan jurang-jurang yang terjal.

Karena termasuk pantai yang belum ramai diketahui orang, maka akses menuju kesana juga masih sepi. Anda akan bertemu sesekali masyarakat yang lewat untuk mengangkut hasil perkebunan atau berdagang.

Namun meskipun masih sepi, pantai ini sangat indah terlihat ketika anda memasuki kawasan pantainya. Suara ombak menambah suasana terasa sejuk dihati.

Tiket Masuk Pantai Karang Bebai

Disana belum ada harga tiket yang dikenakan untuk pengunjung, mengingat belum ada fasilitas yang ada di pantai ini.

Oleh masyarakat sekitar pantai dibiarkan alami dan belum dikelola secara maksimal. Hasilnya, tidak banyak pengunjung yang datang ketempat ini, menjadikannya masih alami dan sangat terjaga.

Pesona Pantai Karang Bebai

pantai karang bebai tanggamus lampung
via: Instagrram

Untuk anda yang sudah pernah mengunjungi pantai Gigi Hiu maka di Pantai Karang Bebai juga akan disuguhkan pemandangan karang yang menjulang tinggi hampir sama. Lebih enak jika disebut sebagai Gigi Hiu Mini.

Batu-batu karang disana tidak sebesar di Gigi Hiu, tetapi keindahannya tak perlu diragukan. Anda dapat lebih mudah menaiki batu karang yang lancip dan fotogenik. Sehingga buat anda yang hobi fotografi dapat melakukan foto hunting di batu-batu karang ketika air surut.

Pantai yang terletak di kawasan Cukuh Balak ini masih sangat alami dan belum banyak orang mengetahuinya. Suasana disana dan pemandangannya sangat cocok untuk melepas lelah karena bekerja.

Pasir putih serta batu karang yang tinggi menjadikan pemandangan indah dan membuat kesan tersendiri ketika mengunjunginya. Sangat bagus untuk difoto menggunakan kamera digital atau smartphone untuk koleksi agar bisa diunggah di sosial media.

Warga Cukuh Balak dan disekitar pantai seringkali datang ke Pantai Karang Bebai bersama keluarga, makan bersama diatas tikar menjadikan keakraban semakin erat sambil menikmati angin sepoi-sepoi, pemandangan yang eksotis dan masih alami.

Selain batu karang yang mempesona, disana juga akan ditemui pohon kelapa dan birunya air laut yang jernih membuat siapa saja yang pernah datang ingin kembali berkunjung.

Pantai ini memiliki potensi besar jika bisa dikelola dengan optimal. Jika jalan menuju kesana diperbaiki, dan dirawat dengan baik maka kedepannya akan lebih banyak pengunjung yang datang.

Untuk saat ini kendala yang dialami adalah infrastruktur untuk terhubung ke pantai-pantai sekitar cukuh balak dan pesisir Tanggamus yang sangat buruk. Semoga pemerintah kabupaten dan provinsi segera melakukan perbaikan untuk daerah ini.

Itulah ulasan tentang Pantai Kerang Bebai Tanggamus. Semoga bisa menjadi referensi tujuan wisata untuk anda dan keluarga. Selamat berlibur.

dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer