dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Wisata Danau Bebek Bebekan Yang Instagramable di Lampung Timur

2 min read

wisata danau bebek bebekan

Wisata Danau Bebek Bebekan – Kabupaten Lampung Timur sebagai tempat beradanya Gajah Lampung atau Gajah Sumatera sering mengadakan Festival Way Kambas. Di tempat wisata yang sudah terkenal hingga ke Mancanegara ini hampir setiap tahun mengadakan festival untuk memperkenalkan pariwisatanya.

Selain Taman Nasional Way Kambas, di Lampung Timur juga terdapat beberapa tempat wisata lain yang tidak kalah hits, seperti Taman Purbakala dan juga Hutan Manggrove yang banyak didatangi wisatawan domestik dan internasional.

Namun, tahukah anda jika disana juga ada destinasi wisata yang sedang hits untuk kalangan generasi milenial. Yups, salah satunya adalah Danau Bebek-Bebekan. Dimana tempatnya dan bagaimana akses menuju ke tempat wisata di Lampung Timur ini? Yuk simak selengkapnya dibawah ini.

Sejarah Danau Bebek Bebekan

Pada awalnya tempat ini merupakan sebuah kawasan pertambangan pasir terbuka yang ada didaratan di daerah Pasir Sakti Kabupaten Lampung Timur. Seiring berjalan waktu penggalian pasir yang telah mencapai dalam menciptakan kolam galian yang mirip sebuah danau besar.

Dari penambangan pasir disana banyak yang dikirim ke Singapura dan Jakarta untuk kebutuhan pembangunan dan proyek reklamasi. Namun sejak pemerintah Provinsi Lampung melakukan pelarangan aktivitas penambangan, maka beberapa tambang atau galian pasir itu tidak digunakan dan hanya dimanfaatkan untuk budidaya ikan bahkan ada yang dibiarkan begitu saja.

Hal tersebut menjadikan timbul Ide yang dimiliki oleh Sakur, seorang warga sekitar yang memulai mendirikan dua gubuk di pinggir danau. Ide pertama adalah hanya membuat tempat istirahat ketika setelah memberikan pakan ikan miliknya.

Namun seiring berjalan waktu banyak warga yang datang ke lokasi bapak Sakur ini untuk berfoto atau bersantai disana untuk merasakan suasana bekas galian pasir. Dan hingga saat ini semakin ramai dikunjungi oleh warga sekitar Lampung Timur dan juga kabupaten lain untuk menikmati fasilitas yang sudah bertambah dari awal mula berdirinya tempat ini.

Lokasi Danau Bebek Bebekan Pasir Sakti

Tempat wisata bebek bebekan ini berlokasi di Desa Labuhan Ratu, Kecamatan Pasir Sakti, Kabupaten Lampung Timur. Tidak jauh dari Jalan Lintas Timur Sumatera sehinga untuk mudah dicari serta infrasruktur jalan yang sudah memadai untuk kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk menuju tempat ini dari Bandar Lampung maka membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 3 jam perjalanan. Jadi tidak begitu jauh dan disana selain berkunjung ke Danau Bebek-Bebekan juga bisa mengunjungi tempat wisata di Lampung Timur lainnya.

Tiket Masuk Bebek Bebekan Pasir Sakti

Jenis TiketHarga
Per OrangRp. 5.000
Wahana Bebek Bebekan (*30 menit)Rp. 20.000
Minuman MulaiRp. 5.000

Masuk ke tempat wisata air disini maka akan dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 5.000 per orang. Sedangkan untuk menikmati wahana naik bebek-bebekan dapat membayar tiket Rp. 20.000 untuk 30 menit jika kondisi ramai pengunjung. Namun jika sedang sepi maka dapat menggunakan bebek-bebekan sepuasnya.

Untuk harga tiket yang lumayan murah pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan di Danau ini secara gratis. Pengunjung dapat melakukan foto atau selfie dengan background danau atau gubuk-gubuk yang terbuat dari bambu tidak perlu membayar. Disana terdapat 24 gubuk bambu dengan atap ilalang dan gelagah air untuk berteduh pengunjung yang datang.

Fasilitas Danau Bebek Bebekan Pasir Sakti

danau riana bebek bebekan
via: http://lampung.tribunnews.com

Adapun fasilitas yang tersedia di danau bebek bebekan ini antara lain seperti wahana naik bebek-bebekan, memberi makan ikan nila merah dan ikan mas sebagai wisata yang mengedukasi anak-anak.

Terdapat pula kucing anggora dan kelinci yang sangat digemari anak-anak yang berkunjung ke lokasi tersebut untuk memberi makan dengan rumput.

Selain beberapa fasilitas yang membuat nyaman ketika bersantai di akhir pekan atau hari libur. Pengelola juga memberikan layanan untuk kebutuhan makan dan minum.

Disana terdapat menu makanan dengan olahan ikan air tawar serta air laut. Ada olahan lobster, ikan air lainnya, sehingga pengunjung tidak perlu pergi jauh untuk makan, cukup memesan saja disana maka akan dibawakan oleh pelayan. Sangat menambah kenikmatan makan sambil memandang danau yang jauh dari keramaian dan bising. Membuat suasana tenang dan bisa menghilangkan stress.

Menikmati suasana nyaman dengan angin sepoi-sepoi maka sangat nikmat sembari minum kopi atau minuman jus. Selain makanan, ada juga berbagai minuman yang sudah disediakan dengan harga mulai dari Rp. 5.000 untuk satu gelas.

Untuk dihari libur atau akhir pekan pengunjung wisata bebek-bebekan di pasir sakti ini dapat mencapai 250 sampai dengan 300 pengunjung. Biasanya pengunjung datang secara perorangan atau bersama rombongan.

dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *