wisata pantai tanjung tuha lampung

Pantai Tanjung Tuha, Pantai Eksotis di Lampung Selatan

Infolpg.com – Jika kita menginjakan kaki di Bakauheni, sepintas dibenak akan terlintas pelabuhan penyebrangannya yang super sibuk.

Atau mungkin menara Siger-nya yang monumental. Terlepas dari itu ternyata Kecamatan yang identik dengan pelabuhan kapal ini menyimpan sejumlah potensi alam yang begitu luar biasa. Kondisi alam berupa pegunungan, bukit, dan garis pantainya yang elok menciptakan sebuah lukisan alam yang sangat indah.  

Salah satunya adalah Pantai Tanjung Tuha. Kali ini kita akan mengulas tentang pantai Tanjung Tuha yang eksotis di Lampung Selatan.

Sekilas Tentang Pantai Tanjung Tuha

wisata pantai tanjung tuha lampung
lampungpro.com

Nama Tanjung Tuha atau yang dikenal dengan pantai Tanjung Tua memang belum begitu populer seperti Pantai Laguna, Pulau Mengkudu, ataupun Grand Elty di Lampung Selatan.

Namun pantai Tanjung Tuha juga memiliki keindahan yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai lain yang populer di Lampung Selatan tersebut.

Pantai ini berada di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Sepintas jika dipandang kondisi air laut yang ada di pantai ini masih sangat biru dan bersih.

Selain itu tempat tersebut dikenal dengan biota ikan laut yang banyak, sehingga awal mulanya adalah spot mancing yang menarik bagi masyarakat setempat. Karena pantai Tanjung Tuha semakin populer, pantai ini dikelola menjadi objek wisata.

Lihat juga: Pulau Mengkudu, Destinasi Wisata Pulau di Lampung Selatan

Akses Lokasi Pantai Tanjung Tuha

Lokasi pantai ini sebenarnya tidak begitu jauh dari pelabuhan Bakauheni. Hanya sekitar 30 menit saja.

Untuk menuju ke pantai tersebut dari pelabuhan Bakauheni jalan menuju arah Bandar Lampung, nanti akan ada POM bensin terdapat sebuah belokan masuk ke arah kiri, kemudian akan ada rambu atau papan penunjuk arah.

Kemudian jika pengunjung dari Bandar Lampung, membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk sampai di Bakauheni kemudian akan menemui POM Bensin pengunjung berbelok dan masuk ke gang disitu akan ada papan penunjuk arah.

Kemudian dari papan penunjuk arah tersebut pengunjung masuk kurang lebih 7 kilometer. Untuk yang membawa kendaraan roda empat, harap berhati-hati karena kendaraan yang menyempit dan terjal. Untuk sampai ke pantai pengunjung harus berjalan sekitar 20 menit. Tenang saja jalan yang ada sudah bagus, sehingga pengunjung akan dibuat nyaman.

Lihat juga: Keindahan Pantai Dewi Mandapa, Lampung

Keunikan Pantai Tanjung Tuha

harga tiket masuk pantai tanjung tua lampung

Seperti pantai-pantai pada umumnya, Pantai Tanjung Tuha tentu memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan pantai yang lain.

Pada saat berjalan menuju pantai pengunjung akan melihat perpaduan antara perkebunan jagung dan panorama laut yang biru dan indah.

Tentu rasa lelah pengunjung tidak akan pernah terasa karena memang alam juga ikut menghibur pengunjung yang datang dengan keindahannya. Sesampainya di pantai Tanjung Tuha mata pengunjung lagi-lagi akan dimanjakan dengan pertunjukan karya dari sang Maha Pencipta yang indah.

Perpaduan antara perkebunan, bukit, bebatuan, dan pantai menghasilkan sebuah simponi alam pantai yang begitu indah. Pengunjung bisa melihat gugusan pulau Krakatau dan Pulau Sebesi di seberang lautan.

Disana terdapat spot untuk berfoto yang super keren. Untuk memperoleh jepretan foto yang lebih bagus untuk melihat view yang luas, pengunjung bisa mencoba untuk naik ke atas tower.

Disana pemandangan pantai Tanjung Tuha dari ketinggian akan terlihat dengan jelas. Tetapi harus tetap berhati hati dengan tetap utamakan keselamatan.

Dan yang perlu diperhatikan bagi pengunjung yang hendak naik ke tower harap mengantri dengan pengunjung yang lain demi keamanan dan keselamatan wisatawan. Tapi tenang aja pemandangan alam pantai yang indah akan membayar kesabaran kalian.

Lihat juga: Pesona Wisata Pantai Merak Belatung di Lampung 

Harga Tiket Masuk Objek Wisata Pantai Tanjung Tuha

Jenis TiketHarga
Masuk PantaiRp. 5.000
Naik TowerRp. 10.000

Untuk menikmati sensasi pantai yang berbeda yang ada di Tanjung Tuha ini pengunjung hanya diharuskan untuk merogoh kocek sebesar 5.000 rupiah untuk masuk ke pantai, dan sebesar Rp 15.000 rupiah untuk naik ke tower.

Untuk harga sendiri sewaktu-waktu dapat berubah disesuaikan dengan waktu libur pengunjung. Dan yang perlu diingat adalah tetap jaga kebersihan lingkungan sekitar pantai.

Jadi demikian ulasan tentang wisata di Lampung Selatan yaitu pantai Tanjung Tuha yang ada di Kecamatan Bakauheni Kabupaten Lampung Selatan. Semoga dapat menambah referensi destinasi wisata liburan kalian.

Leave a Comment