7 Tempat Wisata di Bandar Lampung yang Paling Unik

Tempat Wisata di Bandar Lampung – Menjelajahi wisata di Lampung tidak membuat bosan karena banyak destinasi wisata di Provinsi terdepan Pulau Sumatera ini.

Menjadi gerbang masuk pulau paling besar se Indonesia membuat Lampung merupakan tempat strategis untuk mempromosikan potensi daerahnya baik dari wisata bahari, perkebunan, kuliner Lampung dan kekayaan alam lainnya.

Dalam sektor perkebunan Lampung sudah terkenal dengan Kopi Lampung dan Pisang Lampung. Selain itu ada pula Gajah Lampung yang terkenal hingga Internasional.

Lampung memiliki ibukota di Bandar Lampung, kota ini selalu hidup disetiap harinya, baik dari pagi hingga malam hari. Banyak aktivitas warganya yang membuatnya terus hidup.

Terlebih jika di akhir pekan, banyak warga Lampung yang memanfaatkan untuk berlibur di tempat wisata atau sekedar nongkrong di Bandar Lampung dan berbelanja di Mall Bandar Lampung, sehingga sering terjadi macet di beberapa tempat. Lalu apa saja tujuan wisata yang ada di ibukota provinsi ini yang unik? Yuk ikuti ulasan dari InfoLPG.Com berikut ini.

Museum Lampung

Lampung mempunyai museum yang dibangun sejak tahun 1988 oleh Menteri Pendidikan Kebudayaan ketika itu yakni Bapak Fuad Hasan. Museum ini sering dikunjungi oleh murid-murid sekolah atau mahasiswa untuk melakukan penelitian atau menambah pengetahuan tentang budaya Lampung.

Berlokasi di Jalan Zainal Abidin Pagar Alam No. 64 Bandar Lampung, atau lebih tepatnya didepan SMP 22 Bandar Lampung. Disana ada beberapa koleksi barang kebudayaan asli Lampung seperti baju pengantin, tempat tidur pengantin, alat musik, benda seni serta benda koleksi sejarah lainnya.

Wisata Alam Batu Putu

tempat wisata di bandar lampung

Buat kamu yang datang dari luar kota atau luar kabupaten di Lampung bisa menikmati air terjun di Bandar Lampung. Berada dalam wisata alam batu putu air terjun ini terkenal dengan Air Terjun Batu Putu. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke Tanggamus untuk bisa menikmati wisata air terjun.

Dari pusat kota Bandar Lampung membutuhkan 20 menit perjalaan menuju Wira Garden, kemudian melewati Taman Wisata Bumi Kedaton terus saja hingga sampai kawasan Wisata Batu Putu.

Penangkaran Rusa Tahura

Tidak jauh dari Taman Kupu-Kupu Gita persada terdapat wisata gratis untuk wisata alam dan pendidikan bersama anak-anak. Penangkaran rusa ini terletak di Desa Sumber Agung, disana ada koleksi rusa timur dan tempat untuk pengembangbiakannya.

Masjid Agung Al-Furqon Bandar Lampung

Salah satu masjid yang terkenal di Bandar Lampung dan sering digunakan untuk kajian ustadz-untadz terkenal yaitu Masjid Al-Furqon. Disini dapat melepas lelah atau bersantai dimalam hari.

Terletak di persimpangan Jalan Dr. Susilo dan Jalan Diponegoro masjid terbesar di Bandar Lampung ini selalu ramai pengunjung, baik yang ingin beribadah disana atau sekedar beristirahat.

Masjid Al-Furqon diprakarsai oleh presiden pertam Indonesia, Ir. Soekarno. Masjid megah ini sangat mudah untuk ditemukan karena berada di pusat kota dan dekat dengan perkantoran Pemda Kota Bandar Lampung. Terdiri dari dua lantai yang mana lantai dasarnya dipakai untuk ruang pertemuan dan acara resepsi pernikahan.

Dimalam hari di sekitar masjid atau dibawahnya banyak pedagang yang membuat tenda-tenda untuk berjualan. Anda bisa menikmati keindahan malam di Kota Bandar Lampung sambil menikmati kulinernya dari pelataran masjid.

Taman Dipangga

Di Bandar Lampung meskipun daerah perkotaan, juga ada taman yang sudah ada sejak lama yaitu Taman Dipangga. Taman ini terletak di Teluk Betung Selatan, atau berada tepat didepan Polda Lampung.

Disini sering dijadikan tempat untuk berkumpul ataupun bersantai bersama keluarga. Sebagai tempat yang gratis taman ini sering dijadikan tempat rekreasi untuk warga Bandar Lampung.

Nuwo Sesat Olok Gading

nuwo sesat olok gading lampung
via: wacana.co

Nuwo Sesat merupakan rumat adat khas Lampung. Dan di Bandar Lampung sendiri ada Nuwo Sesat yang berusia sekitar 130 tahun yaitu Nuwo Sesat Olok Gading.

Rumah adat ini adalah berbentuk panggung dengan bahan utama konstruksinya dibuat dari kayu alam. Terletak di Jalan Dr. Setiabudi, Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan Teluk Betung Barat, Bandar Lampung.

Disana anda dapat mengunjungi untuk tahu rumah asli Adat Lampung yang sudah berusia tua dan masih utuh. Meskipun pernah mengalami kerusakan karena letusan gunung Krakatau.

Nikmati Keindahan Kota dengan Menuju Puncak Mas

Puncak Mas menjadi salah satu objek wisata di ketinggian dimana Anda bisa menikmati pemandangan kota Bandar Lampung dari atas. Karena lokasinya berada diatas membuat pengunjung merasakan kenyamanan serta kesejukan udara. Beroperasi sejak tahun 2016 kini sudah menjadi tempat favorit untuk berwisata bersama keluarga tercinta.

  1. Alamat dan estimasi perjalanan

Puncak Mas beralamat di jalan Haji Hamin RJP Sukadana Ham, Tanjung Karang Barat. Perjalanan dari pusat kota, Anda hanya perlu menempuh perjalanan 23 menit saja sampai di lokasi. Hal ini karena jaraknya hanya sekitar 7,3 km saja serta dapat dijangkau semua jenis kendaraan.

  1. Tiket dan jam buka

Perlu diketahui harga tiketnya semua sama setiap harinya dan untuk semua usia juga tidak dibedakan. Setiap orang dikenakan Rp 20.000 jika ingin masuk ke lokasi dengan aturan jam buka cukup unik. Khusus Senin dibuka 24 jam sedangkan hari lainnya dari pk 08.00 – 17.00 saja.

  1. Fasilitas bagi pengunjung

Fasilitas sengaja disediakan pengelola demi meningkatkan daya tarik wisatawan lokal maupun dari mancanegara. Setiap harinya lokasi ini ramai dikunjungi karena dapat menikmati keindahan kota dari atas apalagi di sore hari. Berbagai wahana, fasilitas, dan banyaknya spot foto menarik menjadi nilai tambah yang semakin menarik wisatawan.

Beberapa fasilitas lainnya yang dapat digunakan atau dinikmati pengunjung yaitu

  1. Rumah pohon yang dapat dinaiki oleh pengunjung sebagai spot foto.
  2. Area bermain anak cukup lengkap.
  3. Cafe diatas ketinggian dengan pemandangan kota.
  4. Area parkir sangat luas.
  5. Toilet bersih dan keamanan.

Jika anda ingin keliling wisata di Bandar Lampung, zavalokatravel menyediakan paket travel ke Bandar Lampung dengan harga murah.

Bumi Kedaton, Nikmati Berwisata Alam

Bumi Kedaton memberikan banyak pilihan wahana berbeda untuk para pengunjungnya dan tentunya sangatlah menarik. Menikmati keindahan alam dengan mengunjungi lokasi wisata ini mampu memberikan hiburan tersendiri bagi Anda. Sebelum mengunjungi Bumi Kedaton tidak ada salahnya simak informasi lengkapnya sebagai referensi atau gambaran tentang lokasinya.

  1. Lokasi dan jarak tempuh

Beralamat di jalan Wan Abdur Rahman Kec. Teluk Betung Barat, Bumi Kedaton tidak jauh dari pusat kota itu sendiri. Anda hanya perlu menempuh perjalanan kurang lebih 22 menit saja atau 9,9 km. Lokasinya dibuka jam 08.00 – 16.30 setiap harinya termasuk hari libur.

  1. Tiket ke lokasinya

Jenis tiketnya di Bumi Kedaton beragam sesuai dengan wahana yang ingin Anda saksikan, detailnya berikut ini:

  1. Dewasa Rp 8.000
  2. Anak-anak Rp 7.000
  3. Kolam renang Rp 25.000
  4. Keliling dengan naik gajah Rp 15.000
  5. Melihat penampilan gajah Rp 10.000
  6. Fasilitas bagi pengunjung

Tersedia fasilitas lengkap seperti menikmati keindahan alam dan berdampingan satwa serta hewan lainnya. Penginapan seperti pondok yang dapat disewa oleh para pengunjung dengan harga terjangkau. Resort modern dengan banyak fasilitas seperti kolam renang, flying fox, area wisata, parkir luas, tempat ibadah atau Musholla dan lainnya.

Lampung Walk, Menawarkan Banyak Wahana dalam Satu Lokasi

Lampung Walk menyediakan wahana lengkap dan juga baik untuk anak-anak maupun dewasa dengan konsep yang terkesan sangat menarik. Konsepnya dalam satu lokasi terdapat banyak sekali pilihan tempat wisata yang dapat Anda kunjungi. Karena banyaknya pilihan objek wisata terkadang pengunjung merasa bingung dan bebas memilih manapun yang ingin untuk dikunjungi.

  1. Lokasi dan estimasi perjalanan

Lampung Walk ini berada di Way Halim Permai, Way Halim – Bandar Lampung dan dekat dengan pusat kota. Jarak tepatnya antara Bandar Lampung dengan lokasinya sekitar 2,7 km saja. Estimasi waktu perjalanan hanya butuh sekitar 8 menit saja jadi tidak akan membuat Anda capek di perjalanan.

  1. Harga tiket masuk dan jam buka

Jika masuk di depan tidak dikenakan tiket hanya perlu mengeluarkan biaya parkir motor Rp 3.000 dan mobil Rp 5.000. Tiket masuk waterpark hari biasa Rp 30.000, hari Sabtu, hari besar Rp 40.000. Tiket studio 3D hari biasa Rp 45.000, Sabtu dan hari besar Rp 55.000.

  1. Fasilitas

Banyaknya wahana seru dalam satu tempat dapat dikunjungi semua dengan tiket masuk berbeda sesuai wahananya. Seperti wahana waterpark sangat besar, wahana studio 3D untuk spot foto, wahana olahraga. Jika Anda lapar jangan khawatir karena banyak tersedia berbagai menu kuliner di Fppd court.

Sebenarnya tidak hanya Puncak Mas, Bumi Kedaton dan Lampung Walk saja namun masih banyak lainnya. Namun 3 tempat tersebut yang paling banyak direkomendasikan jadi sayang untuk dilewatkan. Jika Anda memiliki banyak waktu pada saat liburan bisa mengunjungi semua lokasi wisata di Bandar Lampung.

Itulah ulasan tempat wisata di Bandar Lampung yang khas Lampung. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu untuk berkunjung ke tempat-tempat yang unik di Bandar Lampung. Selamat berlibur.

Artikel menarik lainnya:

Leave a Comment

close