dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Pantai Tanjung Setia, Destinasi Surfing Kelas Dunia di Krui Lampung

Home » Lampung Barat,Wisata » Pantai Tanjung Setia, Destinasi Surfing Kelas Dunia di Krui Lampung

2 min read

pantai tanjung setia
Pantai Tanjung Setia, Destinasi Surfing Kelas Dunia di Krui Lampung
5 (100%) 12 votes

Pantai Tanjung Setia – Selain memiliki Teluk Kiluan dan Pantai Gigi Hiu yang merupakan tempat wisata dengan panorama kelas dunia. Di Lampung juga terdapat pantai yang dijadikan sebagai tujuan para peselancar internasional, ya Pantai Tanjung Setia namanya.

Bagi para wisatawan domestik dan internasional sedikit banyak sudah tahu pantai ini. Karena disini dapat menikmati deburan ombak yang tinggi sembari berselancar. Sering mengadakan kejuaraan surfing bertaraf internasional kepopuleran pantai Tanjung Setia amatlah viral. Untuk lebih detail infonya, yuk ikuti selengkapnya berikut ini.

Tanjung Setia Beach

Merupakan sebuah pantai yang terletak di Desa Tanjung Setia, Kecamatan Pesisir Barat, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung menjadikan Pantai ini lumayan jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

Untuk menuju kesana membutuhkan perjalanan sekitar 5 hingga 8 jam dari Pusat Kota Bandar Lampung. Selama perjalanan akan ditemui jalan yang berliku dengan berbentuk lereng dengan tanjakan dan turunan.

Perjalanan dapat dimulai dari terminal Rajabasa dan menggunakan bus arah pantai Tanjung Setia. Biaya untuk satu kali perjalanan sangat terjangkau yaitu Rp.50.000 sampai Rp.60.000 sedangkan jika menggunakan travel biayanya Rp. 80.000

Jika ingin menggunakan kendaraan pribadi, maka terdapat dua rute jalan yang mudah ditempuh. Rute pertama dari pusat kota Bandar Lampung, kemudian masuk ke Jalan Trans Sumatera Lintas Barat, menuju ke Kota Agung Tanggamus, dan berakhir di Tanjung Setia. Dengan rute ini maka bisa ditempuh hanya dengan sekitar 5 jam.

Sedangkan rute kedua dapat diakses dari Jalan Trans Sumatera Lintas Barat, kemudian menuju arah Lampung Utara, melalui Kota Liwa, Kota Krui dan akhirnya sampai di Tanjung Setia. Pada rute kedua ini membutuhkan waktu sekitar 7 jam.

Fasilitas Pantai Tanjung Setia Krui Lampung

Pantai Tanjung Setia sangat terkenal karena ombaknya terbaik, tinggi dan ganas sehingga menantang para wisatawan untuk menaklukannya. Selain itu keindahan pantai ini sangatlah alami dan langsung berhadapan dengan Samudera Hindia.

Ombak di pantai ini dapat mencapai 7-10 meter dengan panjang bisa mencapai 200 meter. Hal tersebut yang menjadikan ciri khas dan daya tarik utama bagi wisatawan yang gemar berolahraga surfing atau berselancar.

Terdapat beberapa titik berselancar di pantai Tanjung Setia ini. Titik-titik tempat berselancar tersebut memiliki beberapa ketinggian ombak yang berbeda. Tempat pertama yaitu Ujung Bocor atau Karang Nimbor dengan ombak tinggi dan panjang.

Tempat kedua yaitu Way Jambu (atau disebut dengan Pipeline, masyarakat sekitat menyebut dengan “Setan Sejati”) memiliki ombak yang ganas, dan ini adalah tempat paling disenangi oleh peselancar. Sedangkan tempat ketiga ada Jimmu, dengan pesona gelombang ombak yang sangat indah.

tanjung setia beach
via: pemburuombak.com

Dengan pesona ketinggian dan keganasan ombak di pantai Tanjung Setia, menjadikan salah satu tempat wisata di Lampung Barat ini sering mengadakan Kejuaraan Surfing dengan taraf Internasional, yang tentu saja diikuti oleh para peselancar dari beberapa negara di luar negeri, termasuk dari Indonesia sendiri. Yang terbaru di tahun 2018 ini yaitu “Kejuaraan Surfing Internasional Krui Pro 2018” pada tanggal 15-20 April kemarin.

Untuk pengunjung yang tidak bisa berselancar tidak perlu khawatir jika ingin datang kesini. Karena di pantai ini juga terdapat fasilitas lain yaitu Snorkeling. Sehingga dapat menyelam di pantai atau berolahraga voli pantai bersama dengan keluarga. Namun yang harus diperhatikan adalah tetap berhati-hati agar tidak terseret ombak ketengah laut. Satu lagi pantai Tanjung Setia tidak begitu jauh dari Pantai Labuhan Jukung Krui, sehingga bisa sekaligus berkunjung kesana.

Penginapan di Pantai Tanjung Setia

Ketika pengunjung datang di Pantai Tanjung Setia, maka tidak perlu khawatir akan masalah tempat tidur. Disana sudah berdiri penginapan, resort, losmen, cottage hinga hotel disekitar pantai Tanjung Setia.

Sedangkan untuk makanan dan minuman disekitar pantai banyak warung makan khas Indonesia. Untuk makanan internasional seringkali telah ada di hotel yang berdiri disana.

Harga penginapan disana biayanya cukup terjangkau yaitu antara Rp.50.000 – Rp. 300.000 per malamnya. Disekitar tempat wisata juga sudah disediakan toilet dan tempat bilang untuk wisatawan serta ada balai-balai dengan bentuk seperti panggung yang dapat digunakan untuk bersantai bersama.

Demikianlah informasi tentang pantai Tanjung Setia. Semoga bisa menambah referensi wisata pantai anda. Selamat berlibur

0
dedi rainer Blogger, Content Writer, Teknisi Komputer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *